GURU BERPRESTASI: PENGUATAN PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Rusi Rusmiati Aliyyah, Megan Asri Humaira, Sri Wahyuni Ulfah, Muhammad Ichsan

Abstract

Guru adalah pendidik profesional yang mendidik, mengajarkan pengetahuan, membimbing, melatih, memberikan penilaian, dan mengevaluasi siswa. Dalam hal ini, guru tidak hanya mengajar pendidikan formal, tetapi juga pendidikan lainnya dan dapat menjadi model yang dicontohkan oleh murid-muridnya. Peran guru juga sangat penting dalam proses menciptakan generasi kualitas berikutnya, baik secara intelektual maupun moral. Untuk alasan ini, guru diperlukan untuk bersaing dalam revolusi industri 4.0. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan sebagai guru yang luar biasa, kompetisi yang sangat ketat dilakukan dengan berbagai aspek penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menjadi guru yang berprestasi setidaknya memiliki kriteria tertentu, seperti kinerja guru, memiliki karya tulis ilmiah, dan lain-lain.

Keywords

Guru berprestasi, kinerja guru; kompetensi guru; pendidikan; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References

AL Strauss. (1987). Analisis kualitatif untuk ilmuwan sosial.

Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Mulyadi, D., Widyasari, Rasmitadila, & Ulfah, S. W. (2019). Acquiring And Developing Outstanding Teachers Candidate: A Comparative Study From State And Private Elementary School. International Journal of Scientific Research, 8(11), 1843-1847.

Aliyyah, R. R., Widyasari, Rasmitadila, Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Mulyadi, D. (2019). Outstanding Teachers: The Steps In Acquiring Them. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5).

AO Sulaimani, PSA Sarhandi, & MH Buledi. (2017). Dampak pelatihan pengembangan profesional in-house CALL pada pedagogi guru: Sebuah studi evaluatif. Cogent Educ, 4(1), 1–13.

B. Bogdan, & SK Bilken. (1992). Penelitian Berkualitas untuk Pendidikan: Pengantar Teori dan Metode.

Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar. (2019). Pedoman Pemilihan Guru Sekolah Dasar Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Imran. (2010). Pembinaan Guru Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

M. Bray, B. Adamson, & M. Mason. (2014). Penelitian Pendidikan Komparatif, edisi ke-2. Londok, Inggris: Springer International Publishing.

Menteri Pendidikan Nasional. (2007). Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru . Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Mulyasa. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosda Karya.

PT Ng. (2015). “Apa itu pendidikan yang berkualitas? ? Bagaimana itu bisa dicapai ? Perspektif pemimpin menengah sekolah di Singapura".

Suparlan. (2008). Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.

Umam, C. (2019, Agustus 12). Kemendikbud Gelar Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tinggi 2019. Retrieved from Tribunnews.com: https://www.tribunnews.com/nasional/2019/08/12/kemendikbud-gelar-pemilihan-guru-dan-tenaga-kependidikan-berprestasi-dan-berdedikasi-tinggi-2019

Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2011). Profesi kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, R. (2009, Agustus 18). Menjadi Guru Berprestasi. Retrieved from rachmadwidodo's weblog: https://wyw1d.wordpress.com/2009/08/18/menjadi-guru-berprestasi/

Widyasari, & Yaumi, M. (2015). Evaluasi Program Pendampingan Guru SD dalam Implementasi Kurikulum 2013. Lentera Pendidik, 17(2), 281–295.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.