PENILAIAN OTENTIK DENGAN TEKNIK NONTES DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hasan Bisri
  • Muhammad Ichsan

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v6i2.503

Keywords:

otentik, penilaian, teknik nontes, teknik tes, tema diri sendiri.

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah adanya dampak pelaksanaan kurikulum 2013 tingkat pendidikan dasar pada sistem penilaian dengan model penilaian otentik. Penilaian otentik bermanfaat untuk melihat kemajuan siswa dalam belajar, namun tidak sedikit guru yang kesulitan melaksanakannya. Tujuan penelitian ialah untuk menyediakan prosedur dan instrumen penilaian otentik teknik nontes yang dapat digunakan guru dan orang tua. Data dikumpulkan melalui multimetode yakni dokumentasi, penilaian panel ahli, dan uji coba. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif desain Beebe “Wheel Model” yang dimodifikasi. Analisis data dilakukan dengan teknik umum penelitian kualitatif, sedangkan interpretasi secara analisis induktif. Penelitian terdiri dari enam instrumen rating scale yaitu: (1) sikap jujur siswa di rumah, (2) sikap jujur siswa di sekolah, (3) sikap disiplin siswa di rumah, (4) sikap disiplin siswa di sekolah, (5) sikap tanggung jawab siswa di rumah, dan (6) sikap tanggung jawab siswa di sekolah. Besar indeks rating scale sikap: (1) jujur siswa di rumah (0,942), (2) jujur siswa di sekolah (0,930), (3) disiplin siswa di rumah (0,962), (4) disiplin siswa di sekolah (0,951), (5) tanggung jawab siswa di rumah (0,945), dan (6) tanggung jawab siswa di sekolah (0,962).

 

Downloads

Published

2015-10-22

How to Cite

Bisri, H., & Ichsan, M. (2015). PENILAIAN OTENTIK DENGAN TEKNIK NONTES DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Sosial Humaniora, 6(2), 81–93. https://doi.org/10.30997/jsh.v6i2.503

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 1493 times