DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN MATA KULIAH PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PADA PROGRAM STUDI S-1 PGSD

Rasmitadila Rasmitadila, Muhammad Ichsan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah desain sistem pembelajaran pada psikologi perkembangan peserta didik pada S1-PGSD efektif, efisien, memiliki kualitas yang baik, dan dapat digunakan sebagai salah satu desain pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Hasil dari penelitian ini adalah sangat efektif sebagai desain pembelajaran untuk meningkatkan materi psikologi perkembangan peserta didik ini menunjukkan peningkatan dari sebelum dan sesudah dalam hal penguasaan materi pelajaran psikologi perkembangan peserta didik dengan rata-rata 59,52 nilai pretest naik menjadi 77,86 sehingga terdapat 18,33 kenaikan, hasil pendapat mahasiswa setelah menggunakan desain pembelajaran dan bahan ajar dengan menggunakan Skala Likert menunjukkan 99% berada di kategori baik.

 

Keywords

desain sistem pembelajaran, psikologi perkembangan peserta didik, program studi S1-PGSD.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.