PENGELOLAAN KELAS RENDAH DI SD AMALIAH CIAWI BOGOR

Authors

  • Rusi Rusmiati Aliyyah
  • Omon Abdurakhman Pascasarjana Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v7i2.488

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui strategi pengelolaan kelas rendah pada perencanaan, pengelolaan dan pengawasan SD Amaliah Ciawi Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui cara memperpanjang waktu penelitian, mencari siklus kesamaan data, ketekunan penelitian, triangulasi, diskusi, mencari kecukupan referensi dan membuat uraian rinci.Kesimpulan penelitian tahap perencanaan dimulai dari membuat RPP, program tahunan, dan program semester. Pengelolaan kelas dilakukan melalui upaya pengaturan siswa dan fasilitas kelas yang baik, faktor kondisi fisik ruang kelas, sosio-emosional siswa dan kemahiran guru dalam pengorganisasian kelas menjadi kunci terciptanya keberhasilan tujuan pembelajaran yang menyenangkan. Sementara pengawasan dilakukan melalui monitoring atau supervisi kelas yang dilakukan setiap hari oleh guru kelas kepada semua siswa, untuk kemudian diberikan reward and punishment.

Downloads

Published

2016-10-21

How to Cite

Aliyyah, R. R., & Abdurakhman, O. (2016). PENGELOLAAN KELAS RENDAH DI SD AMALIAH CIAWI BOGOR. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 81–95. https://doi.org/10.30997/jsh.v7i2.488

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 1371 times