KOMUNIKASI SOSIAL DALAM KEGIATAN PROGRAM MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KELOMPOK POS PEMBERDAYA MASYARAKAT BINA SEJAHTERA)

Alialamsyah Kusumadinata

Abstract

Program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) adalah salah satu upaya merealisasikan
pemberdayaan di masyarakat. Perlunya terjalin komunikasi sosial yang baik untuk mendapat
dukungan melalui sikap dari masyarakat. Penelitian dilaksanakan di Desa Pasirmulyas, Kecamatan
Bogor Barat, Kota Bogor. Data penelitian berupa data primer dan sekunder. Penetapan jumlah
responden berdasarkan teknik Slovin dan data diolah dengan statistik deskriptif, serta dianalisis
dengan teknik korelasi Tau Kendala. Hasil penelitian menunjukkan faktor personal yang terdiri dari
umur responden berada pada kategori tua dan pendidikan formal masuk kategori rendah. Sebagian
besar responden tidak pernah mengikuti pelatihan sebagai pendidikan nonformal. Jenis usaha yang
peserta Posdaya yang dominan adalah ibu rumah tangga, dikarenakan 100% peserta Program
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah ibu rumah tangga. Jumlah pendapatan reponden secara
umum berada pada kategori sedang. Reponden merasa cukup mudah untuk mengakses atau
memperoleh pelayanan dan program Posdaya. Proses sosialisasi Posdaya sudah berlangsung cukup
efisien ini menunjukan program ini dapat diterimka dan membantu masyarakat. Komunikasi sosial
posdaya sudah cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan atau pemahaman, serta
mengarahkan sikap dan tindakan masyarakat Posdaya.

Keywords

faktor personal, proses sosialisasi pemberdayaan masyarakat komunikasi sosial.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.