Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Proses Pembelajaran di Kelas IV SD Negeri 01 Cicurug

Authors

  • Delia Anisa Fitri Agustin Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda
  • Erlina Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11567

Keywords:

Kompetensi pedagogik, proses pembelajaran

Abstract

Kompetensi pedagogik adalah suatu kemampuan yang bersangkutan dengan pemahaman terhadap siswa dan pengelolaan pembelajaran yang mendidik atau dialogis. Secara substansi, kompetensi ini mencakup kemampuan pemahaman terhadap siswa, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi hasil belajar. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pemahaman guru terhadap karakteristik siswa, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran kemudian untuk mengetahui penilaian dan evaluasi pada proses dan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 01 Cicurug. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian yaitu studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah 1 orang Guru kelas dan 20 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan mengenai implementasi kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran diantaranya 1) Pemahaman guru terhadap karakteristik siswa yaitu memahami karakteritik siswa dari berbagai aspek, mengidentifikasi potensi siswa dan mengidentifikasi kesulitan belajar siswa 2) Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran 3) Penilaian dan evaluasi pada proses dan hasil belajar siswa yaitu memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi, menentukan aspekaspek dalam penilaian dan evaluasi, menentukan prosedur penilaian dan evaluasi, dan mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi pada proses dan hasil belajar. Demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada 3 indikator terkait mengimplementasikan kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri 01 Cicurug yaitu 1) Pemahaman guru terhadap karakteristik siswa 2) Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran 3) Penilaian dan evaluasi pada proses dan hasil belajar siswa, telah dilakukan oleh guru dengan baik dan optimal serta memiliki keunikan dan kelebihan.

References

Akbar, Aulia. 2021. “Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 2 (1): 23–30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099.

Aliyyah Rusi Rusmiati, Widyasari, Didi Mulyadi, Subaiki Ikhwan, dan Ahmad Gawdy Prananosa. 2019. “Manajemen Kesiswaan Pada Sekolah Dasar.” Didakti Tauhidi : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (1): 29–41. https://doi.org/10.30997/dt.v6i1.1355.

Aliyyah Rusi Rusmiati, et al. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran." Jurnal Sosial Humaniora 12.1 (2021): 54-72.

Aliyyah Rusi Rusmiati, Humaira Megan Asri, Ulfah Sri Wahyuni, dan Ichsan M. 2020. “Guru berprestasi : Penguatan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Sosial Humaniora 11 (01): 59–64.

Amalia, Intan. 2020. “Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2 (2): 152–55. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.57.

Anisah Siti, Sapriya, Kama Abdul Hakam, dan Ernawulan Syaodih. 2021. “Perkembangan Sosial, Emosi, Moral Anak dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Sikap Sosial SIswa Sekolah Dasar.” JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia 1 (1): 69–80. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.262.

Gunawan, Rayhan Zaki, dan Fatma Ulfatun Najicha. 2022. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Moral Pelajar Di Era Modern.” Jurnal Kewarganegaraan 6 (1): 422–27. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2507.

Hastuti, Rahmah, Chandra Susanto, dan Agnes Agitza Jaya. 2022. “Psioedukasi Para Guru Mengenai Upaya Mengidentifikasi Potensi Siswa.” Prosiding Serina 2 (1): 1199–1204. https://doi.org/10.24912/pserina.v2i1.19890.

Hendriana, Evinna Cinda. 2018. “Pengaruh Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 3 (2): 46–49. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.780.

Jediut, Mariana, dan Fransiska Jaiman Madu. 2021. “Penggunaan Metode Tutor Sebaya Dalam Membantu Peserta Didik Yang Berkemampuan Rendah Pada Tingkat Sekolah Dasar.” JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) 5 (2): 134–40. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.859.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.

Kurniati, Hani, Aji Heru Muslim, and Santhy Hawanti. "Strategi Guru Menumbuhkan Interakasi Pembelajaran Siswa di SD Negeri 1 Kober." Jurnal Elementaria Edukasia 2.2 (2019).

Marzuki, Ismail, Tuti Sholihah, dan Faiz Atha Imansyah. 2023. “Urgensi Aspek Penilaian Dalam Evaluasi Pembelajaran.” Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 5 (1). https://doi.org/10.31000/jkip.v5i1.8634.

Oktaviyanti, Itsna, dan Kiki Indah Pratiwi. 2021. “Pembangunan Karakter Siswa SD Ditinjau Dari Latar Belakang Kebudayaan Di Lereng Gunung Slamet.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13 (2): 633–48. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1063.

Permendikbud (2016.) Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendididkan

Putriana, S., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Perkembangan Intelektual pada Isia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1771-1777.

Purwati, Ipung, Murfiah Dewi Wulandari, dan Darsinah Darsinah. 2022. “Analisis Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4 (2): 95–100. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2440.

Republik Indonesia. 2007. Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Seketariat Negara.

Susanti, Rini Dwi. 2018. “Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Konseling Edukasi : Journal Of Guidance and Counseling 2 (2). https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4470.

Wijayanti, Fita Tri. 2018. “Implementasi Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Metode Pembiasaan di SD Islam Plus Masyitoh Kroya Kabupaten Cilacap” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 7 (2): 157–76. https://doi.org/10.24090/jimrf.v7i2.2516.

Wulan Hajjatul Zamzania, adea, dan Risa Aristia. 2018. “Jenis - Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran.” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/4050/.

Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. New York: The Guilford Press.

Yin, R. K. (2009). “Case Study Research: Design and Method” (4rd ed.).California: Sage Publications, Inc.

Yuliansah, Deril Sukma. 2021. “Analisis Peran Guru Sebagai Pengelola Pembelajaran Daring Berbasis WhatsApp Group Di Kelas V Sekolah Dasar” 4 (2): 60–67. https://doi.org/10.37150/perseda.v4i2.1237.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Agustin, D. A. F., Aliyyah, R. R. ., & Erlina. (2024). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Proses Pembelajaran di Kelas IV SD Negeri 01 Cicurug. Karimah Tauhid, 3(1), 829–858. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11567

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>