Pembelajaran Anti Perundungan: Persepsi Guru Kelas Tinggi pada Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11086Keywords:
Bullying, Sekolah Dasar, Guru.Abstract
Bullying sering terjadi pada siswa di sekolah khusus nya pada siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar (SD), oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi informasi beberapa guru tentang penerapan pembelajaran anti perundungan (bullying) di SD dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan kuasi kualitatif dengan melakukan wawancara terstrukstur pada 15 guru di sekolah yang berbeda. Analisis ini menemukan 5 tema yaitu: Strategi, kegiatan, praktik baik, Hambatan dan dukungan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan dalam penerapan kurikulum merdeka pada pengelolaan anti perundungan di SD dapat di antisipasi dengan kesiapan guru dan di dukung oleh pemerintah, kepala sekolah serta orang tua. Bullying sering terjadi pada siswa di sekolah khusus nya pada siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar (SD), oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi informasi beberapa guru tentang penerapan pembelajaran anti perundungan (bullying) di SD dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan kuasi kualitatif dengan melakukan wawancara terstrukstur pada 15 guru di sekolah yang berbeda. Analisis ini menemukan 5 tema yaitu: Strategi, kegiatan, praktik baik, Hambatan dan dukungan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan dalam penerapan kurikulum merdeka pada pengelolaan anti perundungan di SD dapat di antisipasi dengan kesiapan guru dan di dukung oleh pemerintah, kepala sekolah serta orang tua.
References
Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Ichsan, M. (2020). GURU BERPRESTASI: PENGUATAN PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 59-64.
Aliyyah, R. R., Subasman, I., Herawati, E. S., & Oktaviany, V. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah: Optimalisasi Mutu Pendidikan. Tadbir Muwahhid, 5(1), 47-67.
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918
Basyiroh, I. (n.d.). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p120-134.646
Boang Manalu, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (n.d.). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Dr. Sandu Siyoto, SKM. , M. K., & M. Ali Sodik, M. A. (n.d.). Dasar Mtodologi Penelitian.
Husamah, R. W. (2019). Pengantar Pendidikan. UMMPress.
Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, ul. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta didik di Sekolah Dasar. 17(1). https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228
Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (n.d.). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar.
pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, sholeh, & Dewi, R. sari. (n.d.). Pengertian Pendidikan (Vol. 4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Purwanti, A., Nisa Rahma Fatikha, B., Rachma Dani, D., Fitriyani Mungarofah, E., Muthoharoh, F., Chamdani, M., & Fatimah, S. (n.d.). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 1 Bocor. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71111
Rofiah, C., Pgri, S., Jombang, D., & Bungin, B. (n.d.). Qualitative Methods : Simple Research With Triangulation Theory Design. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/dev.v5i1.3690
suparman, T. (n.d.). Kurikulum Pembelajaran. Cv. Sarnu Untung.
Supratiknya, A. (2022). Kapita Selekta Metodologi & Penulisan Ilmiah dalam Psikologi (Maria Vincentia Eka Mulatsih, Ed.). Sanata Dharma University Press.
Yulia, P. (2020). School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4046
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Raisya Agnesicca, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.