Pengaruh Electronic Word of Mouth Instagram @Desawisatabatulayang Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan

Main Article Content

Mutia Alfadila
Koesworo Setiawan
Agustina Multi Purnomo

Abstract

Sektor parawisata memanfaatkan digital untuk mengembangkan potensi wisata dan memperkenalkannya kepada masyarakat luas. Pengelola wisata menggunakan digital seperti media sosial Instagram. Salah satunya, wisata Bukit Caimadala Camp. Banyak wisatawan yang sudah berkunjung dan merekomendasikan bahkan mem-posting di media sosial seperti Instagram. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui pengaruh EWOM Instagram @desawisatabatulayang terhadap minat berkunjung ke Bukit Caimandala `Camp. Pendekatan penelitian memakai metode kuantitatif ekplanatif,  teknik analisis regresi sederhana, KD, dan uji T. Berdasarkan hasil koefisien regresi diperoleh Y= 9,833+274 Jika nilai X=0 akan diperolah Y=10,107, memiliki konstansta 9,833, dapat diartikan EWOM berpengaruh positif terhadap minat berkunjung. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan, sebesar 55,4%. Sedangkan hasil uji T menunjukan diperolehthitung = 21,399 > 1,966= ttabel dan sig = 0,000<0,05 berarti Ha diterima. Demikian EWOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ke Bukit Caimandala Camp

Article Details

How to Cite
Alfadila, M., Setiawan, K. ., & Purnomo, A. M. . (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth Instagram @Desawisatabatulayang Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan . Karimah Tauhid, 2(6), 2660–2667. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.10724
Section
Articles

References

Abdullah, M. R. (2015). Metode penelitian kuantitatif.

Aini, Z. B. N., Saroh, S., & Krisdianto, D. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Berkunjung dan

Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Pada Pengunjung Pantai Boom Banyuwangi). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 10(1), 132139.

Anggarini, D. T. (2021). Upaya pemulihan industri pariwisata dalam situasi pandemi Covid-19. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 8(1), 22-31.

Asyraini, S., Fristy, P., Octiva, C. S., Nasution, M. H. A., & Nursidin, M. N. (2022). Peningkatan Kesadaran Protokol Kesehatan di Masa Pandemi bagi Warga di Desa Selamat Kecamatan BiruBiru. Jurnal Pengabdian

Kontribusi, 2(1), 33-36.

Damayanti, R. (2018). Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).

Feroza, C. S. B., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun@ Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan

Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32-41 Fitriyani, E., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh fasilitas perpustakaan, kualitas pelayanan, dan kinerja pustakawan terhadap minat berkunjung masyarakat. Economic Education

Analysis Journal, 7(2), 585-595.

Girsang, D., & Sipayung, N. L. (2021). Peran Instagram terhadap minat berkunjung wisatawan ke objek wisata bukit indah simarjarunjung Kabupaten Simalungun (pasca pandemi covid-19). Jurnal Darma Agung, 29(3), 416-428.

Goyette, I., Ricard, L., Bargeron, J., & Marticotte, F. (2012). e-WOM Scale: Word of Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 5-23.

Hadiwinoto, J. S., Rahmiaji, L. R., & Pradekso, T. (2021). Pengaruh Daya Tarik Brand Ambassador Dan Intensitas Komunikasi Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Bertransaksi Di Lazada. Interaksi Online, 10(1), 13-23.

Haryati, T., & Wahid, J. (2018). Pengaruh City Branding “Beautiful Malang”, Citra Kota, Terhadap Minat Berkunjung, dan Keputusan Berkunjung. Sketsa

Bisnis, 5(2), 123-132.

Sulastiningsih, S., & Susilo, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Hasil Pemeriksaan Studi Di

Inspektorat Kabupaten

Wonosobo. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya

Wiwaha, 23(2), 93-103.

Suliyanto, S. E., & MM, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif.

Susanto, W. K. (2018). Pengaruh Social Network Marketing (Snm) Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom)

Terhadap Minat Beli Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan

Kewirausahaan, 2(6).

Syahdiany, G., & Trinanda, O. (2019). Pengaruh electronic word of mouth dan customer experience terhadap brand trust transmart carrefour Kota Padang. Sumber, 30, 70.

Tolan, M. S., Pelleng, F. A., & Punuindoong,

A. Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Productivity, 2(5), 360-364.

Ulfah Hernaeny, M. P. (2021). Populasi Dan Sampel. Pengantar Statistika, 1, 33.

Ulandari, A., Parlyna, R., & Fidhyallah, N. F. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Celebrity Endorser terhadap Online Purchase Intention pada Konsumen Perusahaan X di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan-JBMK, 2(1), 160-173.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>