DESAIN INFOGRAFIS MEDIA PROMOSI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

Authors

  • Muhamad Romdhoni Sains Komunikasi Universitas Djuanda Bogor
  • Muhammad Luthfie Universitas Djuanda Bogor
  • Ali Alamsyah Kusumadinata Sains Komunikasi Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10173

Keywords:

desain grafis, kelemahan dan kekuatan promosi, daya tarik

Abstract

Desain grafis dalam pembuatan iklan promosi sekolah memberikan tantangan tersendiri dalam memikat penglihatan dari siswa yang akan masuk dalam sekolah baru. Ketertarikan terhadap iklan dan bahasa yang kuat mampu memberikan kekuatan seseorang untuk bergabung dalam sekolah dan mengabdikan diri untuk belajar. Selain itu memberikan loyalitas seperti magnet bagi seseorang yang melihatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana desain grafis mempengaruhi terhadap daya tarik dalam pemilihan sekolah agar mampu memberikan informasi yang menarik dan dapat diterima oleh konsumen.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisa wawancara, observasi dan kajian teori yang menunjang penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMK di salah satu di Kota Bogor tepatnya di YSPAI di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor yang telah memiliki e-falyer dalam sebuah desain grafis. Hasil menunjukkan bahwa desain infografis memiliki kekuatan efektifitas komunikasi promosi yang baik dalam memperkenalkan sekolah dan memberikan informasi awal yang sangat bermanfaat bagi peserta didik. Hal ini di dukung oleh strategi kekuatan dan peluang yang digunakan untuk mengenal peserta didik sesuai dengan minatnya. Infografis yang digunakan dengan menngunakan e-flayer merasakan kedekatan informasi dengan siswa untuk segera bergabung dan membangun komunikasi lebih intens dan dalam untuk lebih mengenal.

References

Arman, A. (2015). Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Merek Yamaha Pada Cv. Sinar Utama Cabang Antasari Di Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman, 3, 625-637.

Hadi, A. P., Suryani, S., & Wibowo, M. C. (2021). Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Kepuasan Pelanggan Umkn Sakukata. Co Salatiga. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), 95-108.

Hollweck, T., & Yin, R. K. (2015). Case Study Research Design And Methods. Canadian Journal Of Program Evaluation, 30(1), 108-110.

Komalasari, D., Pebrianggara, A., & & Oetarjo, M. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Siduarjo: Umsida Press.

Kusumadinata, A. A., & Fitriah, M. (2017). Desain Produk Makanan Lokal Berbasis Industri Kecil Menengah. Jurnal Commed, 2(1), 13-24. Doi:Doi.Org/10.33884/Commed.V2i1.234

Kusumadinata, A. A., & Sumah, A. S. (2023). Penguatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mendalami Desain Komunikasi Grafis Dalam Acara Talkshow Bersama Praktisi. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(2), 108-115.

Kusumadinata, A. A., Amalia, N., Biralda, M., & Hanafi. (2023). Rekognisi Melalui Webinar Branding Desain Grafis Di Era 4.0. Jurnal Pengabdian Pasca Unisti (Jurdianpasti), 1(1), 45-59. Hämtat Från Https://Www.Ejournal.Pps-Unisti.Ac.Id/Index.Php/Jurdianpasti/Article/View/130

Kusumadinata, A. A., Ratnamulyani, I. A., & Nurmansyah, M. R. (2019). Hubungan Motion Graphic Sebagai Konten Promosi Sekolah Di Media Sosial. Communications, 1(2), 77-90.

Martix, S., & Hodson, J. (2014). Teaching With Infographics: Practising New Digital Competencies And Visual Literacies. Journal Of Pedagogic Development, 3(2), 17-27.

Miles, Huberman, & Saldana. (2014 ). Analissi Pengolahan Data. Jakarta (Id): Salemba.

Patria, A. S. (2018). Gambar Ilustrasi Buku Sekolah Dasar Ditinjau Dari Teori Psikologi Persepsi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Seni#2 (Ss. 207-216). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Prabowo, D. P., Senoprabowo, A., Muslih, M., Khamadi, K., & Rismansa, A. T. (2023). Desain Infografis Tentang Pekerjaan Terkait Ui Dan Ux. Jadecs. Journal Of Art, Design, Art Education & Cultural Studies, 8(1), 88-96.

Resnatika, A., Sukaesih, S., & Kurniasih, N. (2018). Peran Infografis Sebagai Media Promosi Dalam Pemanfaatan Perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 6(2), 183-196.

Swastha, B. (2015). Manajemen Penjualan Edisi 3. Yogyakarta: BPFE.

Waluyanto, H. D. (2000). Karikatur Sebagai Karya Komunikasi Visual Dalam Penyampaian Kritik Sosial. Nirmana, 2(2).

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Romdhoni, M., Luthfie, M. ., & Kusumadinata, A. A. (2023). DESAIN INFOGRAFIS MEDIA PROMOSI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU. Karimah Tauhid, 2(5), 1807–1818. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10173
Abstract viewed = 66 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>