Pemberdayaan Ekonomi UMKM Melalui Pengenalan Pemasaran Digital di Cafe Ciesek Sebagai Sarana Promosi

Main Article Content

Taufik Fadilah
Radif Khotamir Rusli
Adryan Novanda Siregar

Abstract

Potensi UMKM di Desa Cipayung Girang sangat tinggi salah satunya adalah Café Ciesek milik Bapak Usman. Akan tetapi permasalahan ditemukan di lapangan berupa kurangnya pemahaman terhadap pemasaran, yang sejatinya merupakan kunci terpenting di era digitalisasi saat ini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan salah satu usaha yang ada di Desa Cipayung Girang. Metode yang digunakan adalah melalui pendampingan usaha seperti edukasi pemasaran digital, pembuatan desain logo usaha, pembuatan akun sosial media serta penggunaan fitur Ads yang tersedia pada media sosial tersebut, agar UMKM dapat dikenal secara luas untuk meningkatkan jumlah konsumen yang juga berbanding lurus dengan peningkatan laba, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Digital marketing dipandang perlu pada era digitalisasi ini, agar dunia usaha dapat terus berinovasi dan menyusun berbagai strategi sehingga perekonomian dapat berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Article Details

How to Cite
Fadilah, T., Rusli, R. K. ., & Siregar, A. N. . (2024). Pemberdayaan Ekonomi UMKM Melalui Pengenalan Pemasaran Digital di Cafe Ciesek Sebagai Sarana Promosi. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 7–11. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.11664
Section
Articles

References

Atmaja, H. E., Hartono, B., & Ikhwan, K. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Manajemen Pada Pelaku UMKM Desa Balesari Kabupaten Magelang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1487-1492.

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68-73.

Guarda, T., Augusto, M. F., Victor, J. A., Mazón, L. M., Lopes, I., & Oliveira, P. (2021). The impact of tiktok on digital marketing. Marketing and Smart Technologies: Proceedings of ICMarkTech 2020 (hal. 35-44). Singapore: Springer Singapore.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan tantangan UMKM dalam upaya memperkuat perekonomian nasional tahun 2020 ditengah pandemi covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118-124.

Nugraheni, Y., & Purnama, F. Y. (2014). Peran Iklan Pendidikan di Media Cetak Sebagai Referensi Pengambilan Keputusan Pemilihan Lembaga Pendidikan Bagi Keluarga. Journal Communication Spectrum: Capturing New Perspectives in Communication, 3(1), 66-82.

Permadi, C., & Gifari, A. (2022). Penggunaan Fitur Media Sosial Live Dan Ads Dalam Promosi Produk Bisnis. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 4(3), 56-64.

Puspitaningrum, D. (2022). Konvergensi Media dan Memori Kolektif Masyarakat Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(11), 3675-3686.

Rahardja, U. (2022). Social Media Analysis as a Marketing Strategy in Online Marketing Business. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 1(2), 176-182.

Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604-609.

Saputra, Y. A., & Harianto, F. (2020). ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN BALIHO PREPPSTUDIO BRAND AMBASSADOR ARIEF MUHAMAMAD. BroadComm, 2(1), 69-81.

Sugandi, A., Tanjung, H. B., & Rusli, R. K. (2017). Peran Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Tadbir Muwahhid, 1(2), 99-115.

Wardi, L., & Kartikasari, D. (2017). Analisis Efektivitas Periklanan Kek Pisang Villa Melalui Iklan Billboard Dan Videotron Dengan Menggunakan Epic Model. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 67-81.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.