Peningkatan Pengetahuan Pengelola Unit Usaha Pesantren Dalam Penggunaan Media Digital Sebagai Pemasaran Produk dan Income Generating Pondok Pesantren
Main Article Content
Abstract
Pondok pesantren merupakan Lembaga Pendidikan tertua di Indonesia yang telah memberikan banyak kontribusi terhadap negeri ini. Banyak putera puteri bangsa yang berperan penting untuk kemajuan negeri berasal dari para santri yang berlatar belakang Pendidikan pesantren. Akan tetapi masih banyak pondok pesantren yang memiliki kekurangan secara finansial dalam Lembaga pendidikannya meskipun sudah memiliki unit usaaha untuk kemajuan pesantrennya. Masalah utamanya adalah belum berkembangnya unit usaha yang dijalankan oleh para mengelola dan para santri serta belum meratanya pemahaman teknologi digital dalam pemasaran produk. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengelola unit usaha pesantren dalam penggunaan media digital sebagai pemasaran prooduk dan income generating pondok pesantren. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode popular education dengan pendekatan The Training Cycle. Hasil dari pengabdian ini pengelola unit usaha pondok pesantren memiliki peningkatan pengetahuan dan wawasan tentang digital marketing sejumlah 70% dan masing-masing unit usaha pondok pesantren mulai membuat media pemasaran online melalui media sosial demi meningkatkan income generating pondok pesantren.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aziz IA, Nurwahidin N, Chailis I. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Menyalurkan Donasi Melalui Platform Crowdfunding Berbasis Online. J Syarikah J Ekon Islam. 2019;5(1):94–108.
ditpdpontren kemenag. Statistik Pesantren [Internet]. 2021. Available from: https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp
Kholik A, Bisri H, Lathifah ZK, Kartakusumah B, Maufur M, Prasetyo T. Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. J Basicedu. 2022;6(1):738–48.
Laar E van, Deursen AJAM van, Dijk JAGM van, Haan J de. Determinants of 21st-Century Skills and 21st-Century Digital Skills for Workers: A Systematic Literature Review. SAGE Open. 2020 Jan;10(1):215824401990017.
Lathifah ZK, Setyaningsih S, Wulandari D. Development of Internal Quality Assurance System Model for Pesantren Using the 2020 Education Unit Accreditation Instrument. AL-TANZIM J Manaj Pendidik Islam. 2022;6(4):983–98.
Muttaqien A. Al-Muyassar : Journal of Arabic Education Strategi Pelatihan Bahasa Arab dengan Metode Debat bagi Mahasiswa Komunitas Al- Kindy di Pusat Ma ’ had Al - Jaami ’ ah. 2022;1(1):41–58.
Ridwan M, Sri N, Nengsi W, Karlinda AE, Manajemen ), Ekonomi F, et al. MEMPERSIAPKAN SDM HANDAL DALAM MENGHADAPI SMART SOCIETY 5.0 PADA SANTRI RAHMATAN LIL’ALAMIN INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL. Communnity Dev J. 2022;3(2).
Seftianti, A., & Imam Abdul Aziz. (2021). Pendampingan Produksi UMKM Dalam Meningkatkan Usaha Sale Pisang Di Desa Padamulya. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1), 40–45. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v1i1.2908
Setyaningsih S, Suchyadi Y. Classroom Management In Improving School Learning Processes In The Cluster 2 Teacher Working Group In North Bogor City. 2021;05(01):99–104.
Smith P. Learning to know, be, do, and live together with in the cross-cultural experiences of immigrant teacher educators. Teach Teach Educ [Internet]. 2018;69:263–74. Available from: https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.10.018
Suardipa IP, Pitriani K. Urgensi Sistem Penjaminan Mutu dan Akreditasi dalam Pemetaan Mutu Satuan Pendidikan. J Penjaminan Mutu. 2020;1(2):143–53.
Wiranata RRS. PROGRESIVISME: TITIK TEMU KEABSAHAN UU PESANTREN NOMOR 18 TAHUN 2019. Komun dan Pendidik Islam. 2019;8(pendidikan islam):103–29.