Peningkatan Pengetahuan Pengelola Unit Usaha Pesantren Dalam Penggunaan Media Digital Sebagai Pemasaran Produk dan Income Generating Pondok Pesantren

Main Article Content

Imam Abdul Aziz
https://orcid.org/0000-0002-1872-0351
Zahra Khusnul Lathifah
Abdul Kholik
Agung Muttaqien
Lilis Fauziah Balgis
Nyntyas Nurul Inayah

Abstract

Pondok pesantren merupakan Lembaga Pendidikan tertua di Indonesia yang telah memberikan banyak kontribusi terhadap negeri ini. Banyak putera puteri bangsa yang berperan penting untuk kemajuan negeri berasal dari para santri yang berlatar belakang Pendidikan pesantren. Akan tetapi masih banyak pondok pesantren yang memiliki kekurangan secara finansial dalam Lembaga pendidikannya meskipun sudah memiliki unit usaaha untuk kemajuan pesantrennya. Masalah utamanya adalah belum berkembangnya unit usaha yang dijalankan oleh para mengelola dan para santri serta belum meratanya pemahaman teknologi digital dalam pemasaran produk. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengelola unit usaha pesantren dalam penggunaan media digital sebagai pemasaran prooduk dan income generating pondok pesantren. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode popular education dengan pendekatan The Training Cycle. Hasil dari pengabdian ini pengelola unit usaha pondok pesantren memiliki peningkatan pengetahuan dan wawasan tentang digital marketing sejumlah 70% dan masing-masing unit usaha pondok pesantren mulai membuat media pemasaran online melalui media sosial demi meningkatkan income generating pondok pesantren.

Article Details

How to Cite
Aziz, I. A., Lathifah, Z. K., Kholik, A., Muttaqien, A., Balgis, L. F., & Inayah, N. N. (2022). Peningkatan Pengetahuan Pengelola Unit Usaha Pesantren Dalam Penggunaan Media Digital Sebagai Pemasaran Produk dan Income Generating Pondok Pesantren. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.7402
Section
Articles

References

Aziz IA, Nurwahidin N, Chailis I. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Menyalurkan Donasi Melalui Platform Crowdfunding Berbasis Online. J Syarikah J Ekon Islam. 2019;5(1):94–108.

ditpdpontren kemenag. Statistik Pesantren [Internet]. 2021. Available from: https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp

Kholik A, Bisri H, Lathifah ZK, Kartakusumah B, Maufur M, Prasetyo T. Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. J Basicedu. 2022;6(1):738–48.

Laar E van, Deursen AJAM van, Dijk JAGM van, Haan J de. Determinants of 21st-Century Skills and 21st-Century Digital Skills for Workers: A Systematic Literature Review. SAGE Open. 2020 Jan;10(1):215824401990017.

Lathifah ZK, Setyaningsih S, Wulandari D. Development of Internal Quality Assurance System Model for Pesantren Using the 2020 Education Unit Accreditation Instrument. AL-TANZIM J Manaj Pendidik Islam. 2022;6(4):983–98.

Muttaqien A. Al-Muyassar : Journal of Arabic Education Strategi Pelatihan Bahasa Arab dengan Metode Debat bagi Mahasiswa Komunitas Al- Kindy di Pusat Ma ’ had Al - Jaami ’ ah. 2022;1(1):41–58.

Ridwan M, Sri N, Nengsi W, Karlinda AE, Manajemen ), Ekonomi F, et al. MEMPERSIAPKAN SDM HANDAL DALAM MENGHADAPI SMART SOCIETY 5.0 PADA SANTRI RAHMATAN LIL’ALAMIN INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL. Communnity Dev J. 2022;3(2).

Seftianti, A., & Imam Abdul Aziz. (2021). Pendampingan Produksi UMKM Dalam Meningkatkan Usaha Sale Pisang Di Desa Padamulya. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1), 40–45. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v1i1.2908

Setyaningsih S, Suchyadi Y. Classroom Management In Improving School Learning Processes In The Cluster 2 Teacher Working Group In North Bogor City. 2021;05(01):99–104.

Smith P. Learning to know, be, do, and live together with in the cross-cultural experiences of immigrant teacher educators. Teach Teach Educ [Internet]. 2018;69:263–74. Available from: https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.10.018

Suardipa IP, Pitriani K. Urgensi Sistem Penjaminan Mutu dan Akreditasi dalam Pemetaan Mutu Satuan Pendidikan. J Penjaminan Mutu. 2020;1(2):143–53.

Wiranata RRS. PROGRESIVISME: TITIK TEMU KEABSAHAN UU PESANTREN NOMOR 18 TAHUN 2019. Komun dan Pendidik Islam. 2019;8(pendidikan islam):103–29.