Peningkatan Keterampilan UMKM Melalui Branding Produk dan Pendampingan Legalitas Usaha di Desa Tajurhalang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor
Main Article Content
Abstract
Desa Tajurhalang merupakan salah satu desa wisata dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor yang memiliki banyak potensi dalam bidang pertanian dan peternakan. Sebagian besar warga Desa Tajurhalang memiliki mata pencaharian sebagai pelaku UMKM. sehingga diperlukan peningkatan keterampilan dalam memanfaatkan potensi hasil peternakan dan pertanian berupa pengolahan umbi-umbian, pengolahan susu sapi dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan kepada para pelaku UMKM dalam membrandingkan produknya sehingga dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki ciri khas tersendiri. Metode yang dilakukan adalah melalui sosialisasi strategi digital marketing dan pendampingan pembuatnya legalitas usaha berupa Nomor Induk usaha (NIB). Berdasarkan hasil observasi dan survei, diperoleh informasi bahwa pelaku UMKM mengalami kendala yaitu kurangnya daya tarik pada produk yang mereka miliki karena belum adanya brand atau merek dan usaha yang dilakukan masih belum memperoleh perizinan dari pemerintah. Maka upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu diperlukan pendampingan kepada pelaku UMKM terutama dalam hal branding dan legalitas usaha. Hasil yang didapatkan setelah dilaksanakannya program ini adalah 3 pelaku UMKM Desa Tajurhalang berhasil membuat merek produk yang unik dan inovatif dan berhasil mendaftarkan perizinan usaha kepada 11 UMKM yang dapat membantu dalam mengajukan izin usaha dan izin komersial atau operasional.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with ALMUJTAMAE journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ALMUJTAMAE journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
ALMUJTAMAE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aji Putra, Christya, Ninda Nur Aprilia, Adinda Eka Novita Sari, Rafif Muhammad Wijdan, and Alifah Rafidah Putri. 2022. “Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Untuk Pengembangan UMKM Di Kelurahan Tlumpu Melalui Online Single Submission (OSS).” I-Com: Indonesian Community Journal 2(2):149–57. doi: 10.33379/icom.v2i2.1397.
Desa Tajurhalang. 2022. “Profil Desa Tajurhalang.”
Jupri, Ahmad, Eka S. Prasedya, Tapaul Rozi, Nidia Septianingrum, Irga Difani, and Sarjoni. 2021. “Pentingnya Izin PIRT Terhadap UMKM Di Kelurahan Rakam Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4(4):162–66.
Kurniawan, Agung & Alhifni, Anas. 2022. “Peningkatan Kemandirian UMKM Melalui Pengembangan Digital Marketing Dan Pelatihan Keterampilan Usaha.” 2(3):201–7. doi: 10.30997/almujtamae.v2i3.5450.
Kurnia, Tuti & Rohimah, Syipaatul. 2021. “Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Keripik Kulit Singkong.” ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):11–18. doi: 10.30997/almujtamae.v1i1.2914.
Munawar, W., Kurnia, T., Maryani, N., Laeli, S., Dewi, A., & Sutriadi, D. (2022). Peningkatan Kapasitas Anggota BMT Kabandungan dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Berbasis Aplikasi Mobile Online dengan Metode Popular Education. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 224-231.
Patma, Tundung Subali, and Fauziah Muslim, Shohib. 2021. “Pemberdayaan Umkm Melalui Legalitas Usaha.” (September):246–49.
Setiawati, Sri Dewi, Maya Retnasari, and Diny Fitriawati. 2019. “Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.” JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):125–36.
Septikasari pipit, Sandi Nabella, Febrinita Filda. 2022. “Upaya Pemberdayaan Pelaku UMKM Melalui Sosialisasi Perizinan Dan Branding Produk Di Desa Selokajang Kecamatan Srengat.” 10:75–80.
Subekti, Priyo, Yanti Setianti, and Hanny Hafiar. 2018. “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Lingkungan Hidup Di Desa Margalaksana Kabupaten Bandung Barat.” Jurnal Kawistara 8(2):148. doi: 10.22146/kawistara.30379.
Wijayanti, S. W., Ekoresti, S. N., Rubyasih, A., Komarudin, M., & Munawar, W. (2022). Peningkatan Promosi Usaha Kopi BUMDes Jaya Laksana Melalui Pemanfaatan Media Sosial. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 119-125.