Peningkatan Keterampilan UMKM Melalui Branding Produk dan Pendampingan Legalitas Usaha di Desa Tajurhalang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor

Main Article Content

Nadia Nur Padila
Tuti Kurnia
Alya Ramandha
Aditya Nugraha

Abstract

Desa Tajurhalang  merupakan salah satu desa wisata dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor yang memiliki banyak potensi dalam bidang pertanian dan peternakan. Sebagian besar warga Desa Tajurhalang memiliki mata pencaharian sebagai pelaku UMKM. sehingga diperlukan peningkatan keterampilan dalam memanfaatkan potensi hasil peternakan dan pertanian berupa pengolahan umbi-umbian, pengolahan susu sapi dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan kepada para pelaku UMKM dalam membrandingkan produknya sehingga dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki ciri khas tersendiri. Metode yang dilakukan adalah melalui sosialisasi strategi digital marketing dan pendampingan pembuatnya legalitas usaha berupa Nomor Induk usaha (NIB). Berdasarkan hasil observasi dan survei, diperoleh informasi bahwa pelaku UMKM mengalami kendala yaitu kurangnya daya tarik pada produk yang mereka miliki karena belum adanya brand atau merek dan usaha yang dilakukan masih belum memperoleh perizinan dari pemerintah. Maka upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu diperlukan pendampingan kepada pelaku UMKM terutama dalam hal branding dan legalitas usaha. Hasil yang didapatkan setelah dilaksanakannya program ini adalah 3 pelaku UMKM Desa Tajurhalang berhasil membuat merek produk yang unik dan inovatif dan berhasil mendaftarkan perizinan usaha kepada 11 UMKM yang dapat membantu dalam mengajukan izin usaha dan izin komersial atau operasional.

Article Details

How to Cite
Padila, N. N., Kurnia, T., Ramandha, A. ., & Nugraha, A. . (2024). Peningkatan Keterampilan UMKM Melalui Branding Produk dan Pendampingan Legalitas Usaha di Desa Tajurhalang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 42–50. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.11677
Section
Articles

References

Aji Putra, Christya, Ninda Nur Aprilia, Adinda Eka Novita Sari, Rafif Muhammad Wijdan, and Alifah Rafidah Putri. 2022. “Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Untuk Pengembangan UMKM Di Kelurahan Tlumpu Melalui Online Single Submission (OSS).” I-Com: Indonesian Community Journal 2(2):149–57. doi: 10.33379/icom.v2i2.1397.

Desa Tajurhalang. 2022. “Profil Desa Tajurhalang.”

Jupri, Ahmad, Eka S. Prasedya, Tapaul Rozi, Nidia Septianingrum, Irga Difani, and Sarjoni. 2021. “Pentingnya Izin PIRT Terhadap UMKM Di Kelurahan Rakam Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4(4):162–66.

Kurniawan, Agung & Alhifni, Anas. 2022. “Peningkatan Kemandirian UMKM Melalui Pengembangan Digital Marketing Dan Pelatihan Keterampilan Usaha.” 2(3):201–7. doi: 10.30997/almujtamae.v2i3.5450.

Kurnia, Tuti & Rohimah, Syipaatul. 2021. “Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Keripik Kulit Singkong.” ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):11–18. doi: 10.30997/almujtamae.v1i1.2914.

Munawar, W., Kurnia, T., Maryani, N., Laeli, S., Dewi, A., & Sutriadi, D. (2022). Peningkatan Kapasitas Anggota BMT Kabandungan dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Berbasis Aplikasi Mobile Online dengan Metode Popular Education. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 224-231.

Patma, Tundung Subali, and Fauziah Muslim, Shohib. 2021. “Pemberdayaan Umkm Melalui Legalitas Usaha.” (September):246–49.

Setiawati, Sri Dewi, Maya Retnasari, and Diny Fitriawati. 2019. “Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.” JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):125–36.

Septikasari pipit, Sandi Nabella, Febrinita Filda. 2022. “Upaya Pemberdayaan Pelaku UMKM Melalui Sosialisasi Perizinan Dan Branding Produk Di Desa Selokajang Kecamatan Srengat.” 10:75–80.

Subekti, Priyo, Yanti Setianti, and Hanny Hafiar. 2018. “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Lingkungan Hidup Di Desa Margalaksana Kabupaten Bandung Barat.” Jurnal Kawistara 8(2):148. doi: 10.22146/kawistara.30379.

Wijayanti, S. W., Ekoresti, S. N., Rubyasih, A., Komarudin, M., & Munawar, W. (2022). Peningkatan Promosi Usaha Kopi BUMDes Jaya Laksana Melalui Pemanfaatan Media Sosial. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 119-125.