Peningkatan Kesadaran Menabung Sejak Dini Melalui Sosialisasi Pentingnya Menabung Di SDN Cibingbin 01 Foster an Awareness of Saving Early on Through The Socialization of The Importance of Saving at SDN Cibingbin 01

Main Article Content

Astrini
R Ali Pangestu

Abstract

Menabung adalah tindakan dalam mengelola keuangan untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Setiap orang memiliki keinginan. Untuk memenuhi keinginan tersebut, maka diperlukan tabungan. Kegiatan menabung bisa dimulai sejak dini. Mahasiswa Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakarat (PKM) di Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur Jawa Barat pada tanggal 6 Agustus-6 September 2019. Mahasiswa melaksanakan kegiatan PKM ini untuk meningkatkan serta membangun perekonomian warga dengan program- program yang telah direncanakan. Adapun program yang mahasiswa laksanakan diantaranya yaitu melaksanakan sosialisasi pentingnya menabung sejak dini kepada anak-anak Sekolah Dasar. Setelah mahasiswa lihat bahwa minat anak-anak Desa Padamulya dalam menabung cukup rendah, oleh karena itu mahasiswa mengadakan sosialisasi pentingnya menabung kepada anak-anak Desa Padamulya. Tujuan dari sosialisasi pentingnya menabung ini yaitu untuk menumbuhkan kesadaran menabung sejak dini melalui sosialisasi pentingnya menabung di SDN Cibingbin 01. Metode pelaksanaan dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: Memahami permasalahan Desa Padamulya, merencanakan solusi, dan melaksanakan solusi. Hasil yang dicapai dari kegiatan sosialisasi menabung ini ialah antusiasme anak- anak dalam melaksanakan kegiatan sangat baik sehingga kegiatan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Dengan sosialisasi pentingnya menabung ini bisa menumbuhkan kesadaran anak-anak SDN Cibingbin 01 untuk menabung sejak dini.


Kata kunci: Kesadaran, Menabung, Sosialisasi

Article Details

How to Cite
Astrini, & R Ali Pangestu. (2021). Peningkatan Kesadaran Menabung Sejak Dini Melalui Sosialisasi Pentingnya Menabung Di SDN Cibingbin 01: Foster an Awareness of Saving Early on Through The Socialization of The Importance of Saving at SDN Cibingbin 01. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 116–124. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v1i3.2933
Section
Articles

References

Amalia, A. D., & Syawie, M. (2015). Pembangunan Kemandirian Desa Melalui Konsep Pemberdayaan: Suatu Kajian Dalam Perspektif Sosiologi. Sosio Informa, 176.

Id.m.wikipedia.org (Diakses pada 18 September 2019)

Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Pena, 83.

Samsudin, S. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wulandari, Kholik, Qudsiyah, & Agustian. (2018). Program Sosialisasi Pendidikan untuk Meningkatkan Angka Harapan Lama Sekolah (HLS). Qardhul Hasan, 51.

www.maxmanroe.com (Diakses pada 25 September 2019)

www.pengertianahli.id (Diakses pada 25 September 2019)

www.ojk.go.id (Diakses pada 18 September 2019)

Yasid, M. (2019). Perilaku Menabung Ibu Rumah Tangga Keluarga Miskin Peserta Program Ikhtiar Lembaga Keuangan Mikro Syariah Berbasis Kelompok Di Bogor, Jawa Barat. Tazkia, 90.