Penguatan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Melalui Inovasi Produk Sampo Kendaraan Sofie Cleaner

Main Article Content

Ahmad Komarudin

Abstract

Islam merupakan agama yang mengatur semua sisi kehidupan manusia, termasuk aspek ekonomi atau dikenal dengan muamalah. Ekonomi termasuk ke dalam bagian dari muamalah, dan menjadi aspek penting dalam kehidupan. Di kegiatan ekonomi saat ini, kegiatan jual beli sedang berada di fase digitalisasi secara meluruh dengan memanfaatkan berbagai teknologi terkini. Kegiatan pemasaran merupakan serangkaian aktivitas dalam proses mengomunikasikan, menyampaikan serta mempertukarkan tawaran yang bernilai kepada para konsumen. Program penguatan ekonomi merupakan upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan selama ini guna meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat, secara lugas dapat diartikan sebagai suatu proses untuk membangun masyarakat melalui pengembangan kemampuan manusia, perubahan perilaku manusia, dan pengorganisasian masyarakat. Program ini dilaksanakan di Kampung Pulo Empang, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Program ini bisa menjadi alernatif solusi ditengah situasi dan kondisi terkini bagi para pelaku UMKM setempat. Namun ada beberapa masalah yakni kurangnya pengetahuan masyarakat dalam hal mengelola media sosial dan perantara berbagai macam marketplace. Dengan adanya pendampingan ini diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan tersebut serta meningkatkan dan mengoptimalkan peran serta para pelaku ekonomi dalam hal pengembanganan dan pemasaran secara online. Hasil dari program ini ialah terlaksananya sistem pengelolaan produk berbasis digital, melalui beberapa perantara media online masa kini.

Article Details

How to Cite
Komarudin, A. (2022). Penguatan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Melalui Inovasi Produk Sampo Kendaraan Sofie Cleaner. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 65–69. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i1.5577
Section
Articles

References

Abdurrahman. (2013). Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan, Bandung: Pustaka Setia.

Anwar, S. S. (2019). Laporan Kegiatan Kuliah Keja Nyata (KKN) Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur melalui Inovasi Produk Olahan Singkong. Bogor: Universitas Djuanda Bogor.

Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor. (2019). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata 2019.

Firdaus, M. S. (2022). Pemberdayaan Pesantren Melalui Pendirian Koperasi Syariah Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i1.2952

Hartini, S. (2012). Peran inovasi: pengembangan kualitas produk dan kinerja bisnis. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 14 (1): 63-90.

Rozalinda. (2016). Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Utomo, B. (2017). Penguatan Ekonomi Lokal Menuju Kemandirian Daerah. Jurnal Swarnabhumi. 2(1), 46-50.

Zaki, A. (2019). Penguatan Ekonomi Lokal Pada Pelaku UMKM Berbasis Digital di Desa Winduaji Kabupaten Brebes. Madani: Indonesian Journal of Civil Society. 18 (1), 24-28.