MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDIT AMALIA BOGOR
Main Article Content
Abstract
Model Manajemen Pendidikan Inklusif di SDIT Amalia. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, koordinator inklusif, guru kelas, dan guru pendamping khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) model pendidikan inklusif di SDIT Amalia ini adalah (full inclusion) yaitu, menyertakan peserta didik berkebutuhan khusus untuk menerima pembelajaran di kelas reguler, 2) kurangnya tenaga pendidik khusus untuk mendampingi anak berkebutuhan khusus yang berjumlah 131 siswa berkebutuhaan khusus, 3) kurikulum yang digunakan adalah kurikulum reguler yang dimodifikasi sesuai dengan kemampuan anak berkebutuhan khusus, 4) keterbatasan sarana dan prasarana untuk anak berkebutuhan khusus seperti alat dan buku penunjang ABK yang belum lengkap dan ruangan khusus
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Aedi, Nur., 2016. Dasar-dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Aedi, Nur., 2016. Manajemen Pendidik dan Tenaga Pendidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing
Badrudin., 2014 Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta
Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor., 2016. Peningkatan Mutu dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar Sekolah Penyelenggara Inklusif. Bogor: Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.
Departemen Pendidikan Nasional., Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa Direktora Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Glazzard, Jonathan., 2016. Asih Asah Asuh Anak Berkebutuhan Khussus di Sekolah Dasar. Yogyakarta: PT Kanisius.
Latif, Abdul., 2010. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Refika Aditama.
Muliawan, J.U., 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Murjito, dkk., Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Media Jakarta
Musfah, Jejen., 2015. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Musfiqon., 2016. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Purwanta, S.A., dalam makalah. Pendidikan Inklusi; Ideologisasi dan Sosialisasi. Hlm 2.
Smith, D.J., 2012. Sekolah Ramah Untuk Semua, Terjemahan Baihaqi. Bandung: Nuansa
Sugiyono., 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta
Sumiyati., 2011. Inklusi Paud Masa Depan, Yogyakarta: Cakrawala
Surna, I.U., 2014. Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.
Takdi, M.I., 2016. Pendidikan Inklusif Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Tarmansyah., 2007 Inklusif Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Tarsidi, Didi., Disabilitas dan Pendidikan Inklusif pada Jenjang Pendidikan Tinggi, dalam blogger.com, diakses pada 12 Desember 2016 pukul 12.45
UU RI No. 20 tahun 2003., Tentang System Pendidikan Nasional, Jakarta: Cemerlang
UUD 1945. Pasal 31., Tentang Hak dan Kewajiban Negara Bidang Pendidikan.