MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDIT AMALIA BOGOR

Main Article Content

Rizka Yuninda Maliki
Radif Khotamir Rusli
Siti Pupu Fauziah

Abstract

Model Manajemen Pendidikan Inklusif di SDIT Amalia. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, koordinator inklusif, guru kelas, dan guru pendamping khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) model pendidikan inklusif di SDIT Amalia ini adalah (full inclusion) yaitu, menyertakan peserta didik berkebutuhan khusus untuk menerima pembelajaran di kelas reguler, 2) kurangnya tenaga pendidik khusus untuk mendampingi anak berkebutuhan khusus yang berjumlah 131 siswa berkebutuhaan khusus, 3) kurikulum yang digunakan adalah kurikulum reguler yang dimodifikasi sesuai dengan kemampuan anak berkebutuhan khusus, 4) keterbatasan sarana dan prasarana untuk anak berkebutuhan khusus seperti alat dan buku penunjang ABK yang belum lengkap dan ruangan khusus

Article Details

How to Cite
Yuninda Maliki, R., Khotamir Rusli, R. ., & Pupu Fauziah, S. . (2023). MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDIT AMALIA BOGOR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(5). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/11042
Section
Articles

References

Aedi, Nur., 2016. Dasar-dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Aedi, Nur., 2016. Manajemen Pendidik dan Tenaga Pendidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Badrudin., 2014 Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta

Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor., 2016. Peningkatan Mutu dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar Sekolah Penyelenggara Inklusif. Bogor: Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.

Departemen Pendidikan Nasional., Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa Direktora Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Glazzard, Jonathan., 2016. Asih Asah Asuh Anak Berkebutuhan Khussus di Sekolah Dasar. Yogyakarta: PT Kanisius.

Latif, Abdul., 2010. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Refika Aditama.

Muliawan, J.U., 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Murjito, dkk., Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Media Jakarta

Musfah, Jejen., 2015. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Musfiqon., 2016. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Purwanta, S.A., dalam makalah. Pendidikan Inklusi; Ideologisasi dan Sosialisasi. Hlm 2.

Smith, D.J., 2012. Sekolah Ramah Untuk Semua, Terjemahan Baihaqi. Bandung: Nuansa

Sugiyono., 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

Sumiyati., 2011. Inklusi Paud Masa Depan, Yogyakarta: Cakrawala

Surna, I.U., 2014. Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.

Takdi, M.I., 2016. Pendidikan Inklusif Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Tarmansyah., 2007 Inklusif Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Tarsidi, Didi., Disabilitas dan Pendidikan Inklusif pada Jenjang Pendidikan Tinggi, dalam blogger.com, diakses pada 12 Desember 2016 pukul 12.45

UU RI No. 20 tahun 2003., Tentang System Pendidikan Nasional, Jakarta: Cemerlang

UUD 1945. Pasal 31., Tentang Hak dan Kewajiban Negara Bidang Pendidikan.