HUBUNGAN METODE MEMBACA IQRA’ DENGAN KETERAMPILAN MENULIS IMLA’I PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI RUMAH TAHFIDZ ZALVA ASSANUSI DEPOK

Main Article Content

Elsa Rosmawati
Radif Khotamir Rusli
Agung Muttaqien

Abstract

Bahasa Arab dan Al-Qur’an adalah dua perumapamaan yang tidak sejalan. Oleh karena itu, mempelajari bahasa Arab sangatlah penting supaya dapat memahami ayat- ayat Al-Qur’an secara mendalam. Terlepas dari kemampuan untuk membaca dengan teliti Al-Qur'an, kemampuan untuk menulis teks-teks Arab juga penting karena itu adalah alat penting untuk komunikasi yang efektif. Motivasi di balik penelitian ini adalah untuk mengenali hubungan antara teknik pemahaman iqra dan kemampuan menulis imla'i dalam memperoleh bahasa Arab di Rumah Tahfidz Zalva Assanusi Depok. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Sampel yang diambil sejumlah 45 santri. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, pengisian kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan kemampuan metode membaca iqra’ terhadap keterampilan menulis imla’i teks bahasa arab, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil kolerasi koefisien yang menunjukan sebesar 0,348. Data hasil koefisien determinasi sebesar 12,1% dan data dari nilai uji signifikansi menunjukan thitung sebesar 2.434 dan ttabel sebesar 2.016 yang menunjukan bahwa arti nilai 2.434  2.016 yaitu terdapat hubungan metode membaca iqra’ terhadap keterampilan menulis imla’i teks bahasa arab santri Rumah tahfidz zalva assanusi Depok.

Article Details

How to Cite
Rosmawati, E., Khotamir Rusli, R., & Muttaqien, A. . (2024). HUBUNGAN METODE MEMBACA IQRA’ DENGAN KETERAMPILAN MENULIS IMLA’I PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI RUMAH TAHFIDZ ZALVA ASSANUSI DEPOK. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i2.13041
Section
Articles

References

Fathoni, M. (2018). Pembelajaran Maharah Istima’. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 99-218.

Firestone, W. A. (2016). Leadership: Roles or Function. New Jersey, USA: International Handbook of Educational Leadership and Administration.

Hidayat, N. (2018). Implementasi metode Imla’dalam pembelajaran Maharoh Kitabah Bahasa Arab ii MTS Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal.

Islamiyah, N. D. (2020). Korelasi Kemampuan Membaca Al-Qur'an dan Kemampuan Menulis Arab pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Siswa Kelas IV MI Ma'arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020.

Ismail. (2018). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 22-34.

Jaya, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.

Latif, A. (2017). Al-Qur’an Sebagai Sumber Hukum Utama. Jurnal Ilmiah Hukum Dan Keadilan, 62-74.

Rusli, R. K., Fauziah, R. S. P., Martin, A. Y., Lathifah, Z. K., Helmanto, F., & Mukminin, A. (2024). Arabic Language Implementation Viewed from A Social and Cultural Perspective at Maitreechit Withayattan School Bangkok. 8(1), 36–47.

Syofian, S. S. (2015). Otomatisasi metode penelitian skala likert berbasis web.

Syukran. (2019). Pelatihan Seni Baca Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Tilawah Di Lembaga TPQ Al-Huda Desa Kebonrejo Kediri . Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa, 103-116.