ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN BERBASIS KETRAMPILAN 4C PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Authors

  • Nurul Ahmad Bustomi Ahmad Universitas Djuanda
  • Radif Khotamir Rusli Universitas Djuanda
  • Desky Halim Sudjani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i2.12758

Keywords:

Bahasa Arab, Ketrampilan 4C, Model pembelajaran

Abstract

Ketrampilan bahasa adalah ketrampilan penting yang harus dikuasai oleh peserta didik untuk menghadapi perkembangan kehidupan khususnya pada perkembangan teknologi dan industry saat ini. Untuk menghadapi perkembangan era digital saat ini siswa dituntut untuk menguasai berbagai ketrampilan yang mampu membuat mereka dapat menghadapi perkembangan zaman, salah satu ketrampilan penting tersebut adalah 4C (Crictical thinking, Creative thinking, Collaboration, and communication). Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan untuk memenuhi hal tersebut adalah dengan model pembelajaran bermain peran (Role play). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan model pembelajaran peran dan simulasi berbasis ketrampilan 4C (Crictical thinking, Creative thinking, Collaboration, and communication) pada proses pembelajaran Bahasa Arab disekolah Pittayaphat Suksa School Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan metode studi kasus di Sekolah Pittyaphat Suksa School Thailand, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data menggunakan tringulasi data. Data penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari narasumber dan data skunder dari dokumen yang dikeluarkan narasumber dan data pendukung berupa dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran bermain peran (Role play) pada pembelajaran Bahasa Arab disekolah phityaphat suksa school untuk  memenuhi ketrampilan, 4C (Crictical thinking, Creative thinking, Collaboration, and communication), media yang digunakan dalam pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, dan juga pengaruh Pengaruh penerapan model pembelajaran bermain peran (Role play) pada pembelajaran bahasa Arab terhadap peserta didik.

 

References

Drs. Daryanto & Bambang Suryanto, P. (2022). Pembelajaran abad 21. Gava media.

Due, F. M. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Model Kontekstual Di Muslim Suksa School Thailand. Al-Kaff : Jurnal sosial humaniora.

Moleong, J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pahleviannur, M. R. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Piqri, M. H. (2021). Implementasi Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional. guepedia.

Sagala, S. (2017). Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar.

Setyawan, C. E. (2020). Arah Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Abad 21. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9(1), 55-82.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Ahmad, N. A. B., Khotamir Rusli, R. ., & Halim Sudjani, D. . (2024). ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN BERBASIS KETRAMPILAN 4C PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(2), 170–176. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i2.12758
Abstract viewed = 5 times