ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN BERBASIS KETRAMPILAN 4C PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Main Article Content
Abstract
Ketrampilan bahasa adalah ketrampilan penting yang harus dikuasai oleh peserta didik untuk menghadapi perkembangan kehidupan khususnya pada perkembangan teknologi dan industry saat ini. Untuk menghadapi perkembangan era digital saat ini siswa dituntut untuk menguasai berbagai ketrampilan yang mampu membuat mereka dapat menghadapi perkembangan zaman, salah satu ketrampilan penting tersebut adalah 4C (Crictical thinking, Creative thinking, Collaboration, and communication). Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan untuk memenuhi hal tersebut adalah dengan model pembelajaran bermain peran (Role play). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan model pembelajaran peran dan simulasi berbasis ketrampilan 4C (Crictical thinking, Creative thinking, Collaboration, and communication) pada proses pembelajaran Bahasa Arab disekolah Pittayaphat Suksa School Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan metode studi kasus di Sekolah Pittyaphat Suksa School Thailand, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data menggunakan tringulasi data. Data penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari narasumber dan data skunder dari dokumen yang dikeluarkan narasumber dan data pendukung berupa dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran bermain peran (Role play) pada pembelajaran Bahasa Arab disekolah phityaphat suksa school untuk memenuhi ketrampilan, 4C (Crictical thinking, Creative thinking, Collaboration, and communication), media yang digunakan dalam pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, dan juga pengaruh Pengaruh penerapan model pembelajaran bermain peran (Role play) pada pembelajaran bahasa Arab terhadap peserta didik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Drs. Daryanto & Bambang Suryanto, P. (2022). Pembelajaran abad 21. Gava media.
Due, F. M. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Model Kontekstual Di Muslim Suksa School Thailand. Al-Kaff : Jurnal sosial humaniora.
Moleong, J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pahleviannur, M. R. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.
Piqri, M. H. (2021). Implementasi Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional. guepedia.
Sagala, S. (2017). Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar.
Setyawan, C. E. (2020). Arah Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Abad 21. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9(1), 55-82.