PERAN GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SDN LAWANGGINTUNG 4

Main Article Content

Radif Khotamir Rusli
Ermawati Ermawati

Abstract

Guru adalah seorang yang diberikan kepercayaan untuk mendidik siswa. Seorang guru tidak hanya berperan dalam membekali peserta didiknya dengan ilmu pengetahuan saja, tetapi ia juga harus menumbuhkan sikap spiritual siswa sehingga memiliki akhlak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran guru PAI dalam pembelajaran agama Islam di SDN Lawanggintung 4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitiannya dilakukan dengan cara observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada empat peran guru PAI di SDN Lawanggintung 4, dan keempatnya hampir sama dengan peran-peran guru PAI menurut Zuhairini.

Article Details

How to Cite
Khotamir Rusli, R. ., & Ermawati, E. (2024). PERAN GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SDN LAWANGGINTUNG 4. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(1), 10–14. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i1.11441
Section
Articles

References

Daradjat, Zakiyah. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Kawu, Siti Susanti. 2018. Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Sikap Religius Siswa Muslim di SMP Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Getteng, Rahman. 1997. Pendidikan Islam dalam Pembangunan. Ujung Pandang: Yayasan Al-Ahkam.

Malik, Imam. 1970. Al-Muwatho. Madinah: Maktab Darusysya’bi.

Mappasiara. 2018. Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang Lingkup, dan Epistemologi Nya). Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 1, 147.

Safitri, Dewi. 2019. Menjadi Guru Profesional. Tembilahan: PT. Indragiri Dot Com.

Tafsir, Ahmad. 2008. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Maestro.

Zuhairini., dkk. 2004. Metode Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Usaha Nasional.

Most read articles by the same author(s)