FACTORS THAT INFLUENCE TRADERS' DECISION MAKING IN PAYING TRADE ZAKAT IN WEST JAVA

Main Article Content

Inna Rotul Huda
Anas Alhifni

Abstract

This research aims to determine the factors that influence traders' decision-making in paying trade zakat in West Java. The sampling technique was carried out using a purposive sampling method. The total sample obtained was 97 respondents from Muslim traders in West Java who paid zakat proceeds from their merchandise to zakat management institutions. The analysis technique used is a factor analysis technique. There are 2 factors that influence traders in making decisions to pay zakat, namely Factors that Form Traders' Decisions. which consists of knowledge, religiosity, service quality and the role of government. Next are the Trader Behavior Factors which consist of the environment and the trader's attitude.

Article Details

How to Cite
Huda, I. R., & Alhifni, A. . (2024). FACTORS THAT INFLUENCE TRADERS’ DECISION MAKING IN PAYING TRADE ZAKAT IN WEST JAVA. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 50–59. https://doi.org/10.30997/jsei.v10i1.13265
Section
Articles

References

Amri, K., & Marwiyati, M. (2019). Preferensi Muzakki Membayar Zakat Melalui Baitul Mal: Studi Empiris di Kota Banda Aceh. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 4(2), 386-391.

Anggreni, & Safitri. (2020). Hubungan Pengetahuan Remaja Tentang Covid-19 Dengan Kepatuhan Dalam Menerapkan protokol Kesehatan di Masa New Normal | Hospital Majapahit (Jurnal Ilmiah Kesehatan Politeknik Kesehatan Majapahit Mojokerto).

Ardiansyah, A., & Idayanti, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keagamaan, Lingkungan Sosial, & Sumber Pendapatan Terhadap Keputusan Pembayaran Zakat Mal Dengan Komitmen Keagamaan Sebagai Variabel Intervening. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(02)

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal pemasaran kompetitif, 1(2), 83-101

Astuti, J. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan lingkungan Sosial Terhadap Minat Petani Membayar Zakat Perkebunan (Studi Kasus: Masyarakat Desa Pasir Jaya) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Azwar, S. (2013)Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Bolita, F., & Murtani, A. (2021). Analisis pengaruh akuntabilitas, transparansi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan muzakki membayar zakat pada BAZNAS Sumatera Utara. Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 1-11.

Fitri, M. (2016). Peran dana pihak ketiga terhadap kinerja lembaga pembiayaan syariah dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Economica: Jurnal Ekonomi Islam , 7 (1), 73-95.

Haki, U. (2020). Pengaruh Pengetahuan Zakat dan Citra Lembaga terhadap minat Muzakki dalam membayar Zakat Fitrah. Syiar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 4(1), 81-97.

Hsb, S. L. D. (2020). Persepsi Pedagang Emas Terhadap Kewajiban Zakat Perdagangan di Plaza Sukaramai Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Kurniawan, B. (2019). Tingkat Kepatuhan Petani Kentang Dalam Membayar Zakat Pertanian Di Desa Kersik Tuo Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 3(1), 63-82.

Maudia, c. (2022). Pengaruh Pengetahuan Zakat, Religiusitas, Pendapatan, Budaya, Dan Kemudahan Teknologi Terhadap Keputusan Pelaku Umkm Di Curug Kulon Dalam Membayar Zakat Perdagangan (Bachelor's Thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Syarif Hidayatullah).

Nazhira Tamimi, S. F. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Lingkungan Sosial, Religiusitas, dan Pendapatan terhadap minat Muzaki Dalam Membayar Zakat Perdagangan di Kota Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Roza, N. (2023). Pengaruh Religiusitas Dan Peran Pemerintah Terhadap Keputusan Muzakki Untuk Membayar Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Al-Hisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 40-52.

Sujarweni, V. W. (2015). SPSS untuk Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.

Suradi, R., & Bustami, B. (2022). Peran Pemerintah dalam Pengelolaan Zakat Menurut Abu Ubaid Al Qasim (Studi Kasus Kota Pontianak). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3333-3348

Saputra, & Simbolon. (2020). Hubungan tingkat pengetahuan tentang covid-19 terhadap kepatuhan program lockdown untuk mengurangi penyebaran covid-19 di kalangan mahasiswa berasrama universitas advent Indonesia. Nutrix Journal.

Tho’in, M., & Marimin, A. (2019). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Tingkat Pendidikan, dan Tingkat Religiusitas Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(3), 225.

Ummah, F. N., & Kurnia, T. (2020). Kriteria Fisabilillah di Lembaga Pengelola Zakat Indonesia. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 83-103.

Verdian, E. (2019). Analisis faktor yang merupakan intensi perpindahan merek transportasi online di Surabaya. Agora, 7(1).

Yunita, R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Muzakki Dalam Membayar Zakat Perniagaan (Studi Terhadap Pedagang Di Kota Banda Aceh) (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) (2022). Annual Report 2022-BAZNAS Jabar 2022, https://www.baznasjabar.org/content/laporan-pengelolaan Zakat Diakses pada tanggal 14 Januari 2023.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) (2022). Sejarah Profil Badan Amil Zakat Nasional Jabar, https://www.baznasjabar.org/conten t/profil, Diakses pada tanggal 24 November 2023

Rep Guh. (2023). Realisasi Investasi di Jabar 2022 Tertinggi Nasional, Capai Rp 174,58 Triliun. PortalJabar. https://jabarprov.go.id/berita/realisasi-investasi-di-jabar-2022 tertinggi-nasional-capai-rp174-58-triliun-8446 , Diakses pada tanggal 17 Februari 2023.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>