TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM (STUDI PELAKU USAHA WEEKEND SNACK DI KELURAHAN MUARASARI)
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh pelaku usaha Weekend Snack di Kelurahan Muarasari dan juga untuk mengetahui apakah strategi yang diterapkan oleh pelaku usaha Weekend Snack tersebut sudah menerapkan Etika Bisnis Islam. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Miles dan Huberman dan juga matriks daftar cek, pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh Weekend Snack dalam melakukan penjualannya menggunakan strategi bauran pemasaran, yaitu Produk dengan menjual produk cacat kemasan dari produk terkenal, Strategi harga yang menawarkan harga lebih murah dari pasaran, strategi tempat dan distribusi dengan cara menawarkan pesan antar gratis jika jarak dekat dan tarif murah bila jarak jauh, dan strategi promosi menggunakan media sosial. Strategi dari Weekend Snack jika ditinjau dengan Etika Bisnis Islam sudah sesuai dengan kelima prinsip etika bisnis Islam seperti Kesatuan dalam memilih produk yang dijualnya Weekend Snack menentukan produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan memperhatikan kehalalan dari produk, Keseimbangan yaitu harga yang ditetapkan sesuai dengan kualitas, Kehendak Bebas yaitu tidak melakukan praktik mal seperti penimbunan barang, dan menumbuhkan sikap tolong-menolong sebagai implikasi kegiatan, Tanggung Jawab yaitu rela mengganti rugi apabila terdapat keluhan konsumen, dan Kebenaran yaitu tidak menyembunyikan kekurangan dari produk yang dijual, oleh karena itu dapat dikatakan bahwa Weekend Snack dalam kegiatan pemasarannya sudah menerapkan Etika Bisnis Islam.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id