TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM (STUDI PELAKU USAHA WEEKEND SNACK DI KELURAHAN MUARASARI)

Main Article Content

aulia yasmin syah
Anas Alhifni

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh pelaku usaha Weekend Snack di Kelurahan Muarasari dan juga untuk mengetahui apakah strategi yang diterapkan oleh pelaku usaha Weekend Snack tersebut sudah menerapkan Etika Bisnis Islam. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Miles dan Huberman dan juga matriks daftar cek, pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh Weekend Snack dalam melakukan penjualannya menggunakan strategi bauran pemasaran, yaitu Produk dengan menjual produk cacat kemasan dari produk terkenal, Strategi harga yang menawarkan harga lebih murah dari pasaran, strategi tempat dan distribusi dengan cara menawarkan pesan antar gratis jika jarak dekat dan tarif murah bila jarak jauh, dan strategi promosi menggunakan media sosial. Strategi dari Weekend Snack jika ditinjau dengan Etika Bisnis Islam sudah sesuai dengan kelima prinsip etika bisnis Islam seperti Kesatuan dalam memilih produk yang dijualnya Weekend Snack menentukan produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan memperhatikan kehalalan dari produk, Keseimbangan yaitu harga yang ditetapkan sesuai dengan kualitas, Kehendak Bebas yaitu tidak melakukan praktik mal seperti penimbunan barang, dan menumbuhkan sikap tolong-menolong sebagai implikasi kegiatan, Tanggung Jawab yaitu rela mengganti rugi apabila terdapat keluhan konsumen, dan Kebenaran yaitu tidak menyembunyikan kekurangan dari produk yang dijual, oleh karena itu dapat dikatakan bahwa Weekend Snack dalam kegiatan pemasarannya sudah menerapkan Etika Bisnis Islam.

Article Details

How to Cite
syah, aulia yasmin, & Alhifni, A. (2022). TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM: (STUDI PELAKU USAHA WEEKEND SNACK DI KELURAHAN MUARASARI). Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 321–339. https://doi.org/10.30997/jsei.v8i2.7457
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)