FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI LKMS (STUDI : BMT BAROKAH ABDUSSALAM)

Main Article Content

Reni Reni
Anas Alhifni

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor harga, produk, lokasi, pelayanan, fasilitas, dan promosi memiliki hubungan terhadap kurangnya minat menabung masyarakat di LKMS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan produk memiliki pengaruh positif terhadap kurangnya minat masyarakat menabung di LKMS. Sementara itu factor lokasi, layanan, fasilitas dan promosi tidak memiliki pengaruh positif terhadap kurangnya minat masyarakat menabung di LKMS.

Article Details

How to Cite
Reni, R., & Alhifni, A. (2019). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI LKMS (STUDI : BMT BAROKAH ABDUSSALAM). Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 5(1). https://doi.org/10.30997/jsei.v5i1.1354
Section
Articles

References

Jurnal
Ariandry Nikmah, Rimawati, Ortega Daniel, dkk. 2017. Laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok LKMS. Kubu Raya: Universitas Djuanda Bogor.
Abdullah, M., & Lubis, I. (2014). Analisis Minat Menabung pada Bank Syariah di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol. 3 No. 7, 436-447.
Alhifni, A., & Hafidloh. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Lembaga Keuangan Mikro Syariah. JEBIS Vol. 1, No. 1, 2.
Alhifni, A., & Huda, N. (2015). Kinerja LKMS dalam Mendukung Kegiatan Ekonomi Rakyat Berbasis Pesantren (Studi Pondok Pesantren Darut Tauhid dan BMT Darut Tauhid. Jurnal Aplikasi Manajemen Volume. 13, Nomor 4, 598.
Amalia , E., & Atiqah, M. (2015). Evaluating The Models Of Sharia Microfinance In Indonesia: An Analytical Network Process (ANP) Approach. Al-Iqtishad Vol. VII, No. 1, Januari, 14.
Arofah, R. (2015). Pengaruh Fasilitas Kantor, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Perangkat Desa di Kemcamatan Tulis Kabupaten Batang. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Astuti, T. (2013). Pengaruh Persepsi Nasabah tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Minat Menabung Nasabah. Jurnal Nominal Volume 2., Nomor 1, 188.
Chandra, M. S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Lokasi terhadap keputusan konsumen menggunakan hotel Baliem Pilamo di Wamena. ALMA, 961.
Duta, A. A. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Membangun Sikap terhadap Produk dan Implikasinya terhadap Minat Menggunakan Internet Banking. Semarang: Universitas Diponegoro.
Frafasta, D. I. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Simpanan terhadap Kepuasan Anggota BMT Anda Semarang. Jurnal Dinamika Manajemen Vol. 3 No. 1 April, 82.
Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA Vol. 1 No. 3 September 2013, 274.
Ghanimata, F. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghazali, M. R. (2010). Analisis Pengaruh Lokasi, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Membeli (Warnet (Warung Internet) XYZ Jl. Singosari, Kota Semarang). 2010: Universitas Diponegoro.
Mahmudi, A. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Tabungan dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung di BMT Tumang Cabang Salatiga. SALATIGA: IAIN SALATIGA.
Mongkaren, S. (2013). Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Rumah Sakit Advent Manado. Jurnal EMBA Vol. 1 No.4, 493-503.
Mukhlis, Z. (2017). Kebutuhan dan Tantangan bagi masyarakat terhadap LKMS. Bogor: Universitas Juanda.
Murwanti, S., & Sholahuddin, M. (Maret 2013). Peran Keuangan Lembaga Mikro Syariah untuk Usaha Mikro di Wonogiri. ISBN: 978-979-636-147-2, 300.
Novinda, G. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Website terhadap Kepuasan, Kepercayaan dan Niat Pembeli Kembali. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ortega, D., & Alhifni, A. (2017). Pengaruh Media Promosi Perbankan SYARIAH terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah. EQUILIBRIUM, Volume 5, Nomor 1, 89.
Putri, H. Y., & Syathiri, A. (2016). Pengaruh Persepsi dan Minat terhadap Keberadaan Baitul Mal Wattamwil (BMT) di Kota Palembang. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya Vol. 14 No. 3 September, 395.
Putri, S. W. (2017). Pengaruh Undian Berhadiah, Profit Sharing, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung. Surakarta: IAIN SURAKARTA.
Rahmawati, D. (2016). Pengaruh Faktor Promosi, Lokasi, Religiusitas, Pelayanan, dan Reputasi terhadap Keputusan Anggota Menyimpan Dana di BMT HIRA Cabang Tanon . Surakarta: Iain Surakarta.
Reza, A. A. (2017). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Bank terhadap Minat Transaksi di Bank Syariah pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan .
Sa'diyah, M., & Arifin, M. A. (2014). Pengembangan Produk-Produk Lembaga Keuangan Mikro Syariah. EQUILIBRIUM Volume 2, No. 1, 158.
Sari, I. M., Wibowo, H., & Suprapto, E. (2015). Factors That Influenced People To Become Islamic Bank Costumer : A Studi On Kancana Villagers. Al-Iqtishad Vol. VII, No.1 Januari, 74.
Setyawan, Y. N., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Kepecayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksesbilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No.1, 1.
Suherman, E. (2017). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Lembaga Keuangan Mikro KSP. Mugi Lestari Syariah dengan BMT Mardhatillah Berkah. Buana Ilmu ISSN: 2541 - 6995 E-ISSN: 2580 - 5517 Vol.1, No. 2, Mei, 166.
Suratman, D. R., & Widiyanto, I. (2016). Pengaruh Diskualitas Pelayanan terhadap Negative Word Of Mounth (WOM) dengan Ketidakpuasan Pasien sebagai Variabel Intervening. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 45.
Syairozi, M. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah dalam menabung di LKMS Hubbul Wathon Sumowono. Salatiga: IAIN SALATIGA.
Tyagi, R. C., & Siddiqui, T. (2017). Functional and Financial Devolution to Panchayati Raj Institutions in India: A study of Uttar Pradesh. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM) Volume 5 Issue 07 , 6119.
Tyas, R. R., & Setiawan, A. (2012). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan untuk Menabung di BMT Sumber Mulia Tuntang. Jurnal Muqtasid Vol. 3, No. 2, 285.
Widiyanto, M. K. (2016). Strategi rekruitmen dan seleksi sumber daya insani untuk meningkatkan produktivitas kinerja karyawan pada KJKS BMT Al-hikmah Unggaran. SEMARANG: UIN WALISONGO.
Widyaningsih, M., & Zunfikar, M. I. (2017). As Media Reality Promotion of Collage with Marker Logo in Brochure. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM) Volume 5 Issue 09 September, 7047.
Yuriansyah, A. L. (2013). Persepsi tentang Kualitas Pelayanan, Nilai Produl dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal 2 (1), 9-14.

Buku.
Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Ilmi, M. (2002). Teori dan Praktek Lemaga Mikro Keuangan Syariah. Yogyakarta: UII : Press.
M.A, A. S. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana cetakan pertama.
Moenir, H. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Santoso, S. (2015). AMOS 22 untuk Structural Equation Modelling (SEM). Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Winkle, W. (2008). Psikologi dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Website.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Kubu Raya. 2016. (https://kuburayakab.bps.go.id/index.php ) Diakses pada 30 September 2017.
Kementerian Koperasi dan Usaha Menengah Republik Indonesia. 2017. (http://nik.depkop.go.id// ). Diakses pada 23 Februari 2018.
Badan Pusat Statistik. Sensus Penduduk provinsi Kalimantan Barat.2010. (http://sp2010.bps.go.id/index.php/site?id=61&wilayah=Kalimantan-Barat ). Diakses pada 22 Februari 2018.

Most read articles by the same author(s)