FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH BANK KONVENSIONAL PRO AKTIF MENGGUNAKAN REKENING BANK SYARIAH (STUDI KASUS NASABAH DI WILAYAH BELITUNG) FACTORS INFLUENCING CONVENTIONAL BANK CUSTOMERS PRO ACTIVELY USING SHARIA BANK ACCOUNT (CASE STUDY OF CUSTOMER IN BELITUNG REGION)

Main Article Content

Khoirunnisa
Imam Abdul Aziz
Andri Brawijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, produk, pelayanan bank syariah terhadap minat nasabah Bank konvensional pro aktif menggunakan rekening bank syariah. Metode yang dilakukan dalam penelitihan ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitihan ini adalah nasabah yang mempunayai dua rekening yaitu rekening bank syariah dan bank konvensional dan yang lebih aktif menggunakan rekening bank syariah di Belitung, dan jumlah sample dilakukan secara nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Adapun data yang digunakan penelitihan ini adalah data primer dan sekunder teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kuisioner dan google form. Analisis data yang digunakan untuk menguji pengaruh promosi, produk, pelayanan, bank syariah terhadap minat nasabah Bank konvensional pro aktif menggunakan rekening bank syariah menggunakan Uji regresi linier berganda. Hasil penelitihan ini bahwa terdapat Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan dari variabel promosi, produk, dan Pelayanan terhadap variabel minat nasbah pro aktif menggunakan bank syariah. Adapun saran dari penelitihan ini Memberikan pengetahuan promosi, produk dan pelayanan yang lebih mendalam kepada nasabah bank syariah, sehingga tidak lagi muncul kesalahan persepsi tentang perbankan syariah. Dimana bank syariah dianggap sama dengan bank konvensional.

Article Details

How to Cite
Khoirunnisa, Aziz, I. A., & Brawijaya, A. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH BANK KONVENSIONAL PRO AKTIF MENGGUNAKAN REKENING BANK SYARIAH (STUDI KASUS NASABAH DI WILAYAH BELITUNG) : FACTORS INFLUENCING CONVENTIONAL BANK CUSTOMERS PRO ACTIVELY USING SHARIA BANK ACCOUNT (CASE STUDY OF CUSTOMER IN BELITUNG REGION). ISBAH: urnal erbankan yariah, 8(1), 50–56. https://doi.org/10.30997/jn.v8i1.4432
Section
Articles

References

Afriadi, M. K. 2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Studi Masyarakat Komplek Perumahan Perumdam Kel. Kandang Mas Kec. Kampung Melayu Kota Bengkulu). Skripsi. Program studi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Bengkulu.

Firman, R. N. 2018. Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah Mandiri Pasuruan. Tarbawi Jurnal Studi Pendidikan Islami 5(1): 1-12

Junaidi. 2015. Persepsi Masyarakat Untuk Memilih Dan Tidak Memilih Bank Syariah (Studi Kota Palopo). Jurnal Fokus Bisnis 14(2): 1-13.

Saadah, S., Paramita, M., & Aziz, I. A. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Akad Mudharabah Pada LKMS. Jurnal Nisbah 6 (2): 86-98.

Sumara, A. Y. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Muslim Untuk Memilih Bank Konvensional (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga). Skripsi. UIN Sunan Kalijaga.

Taslim, M. 2018. Pengaruh Religiusitas, Kualitas Pelayan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI Syariah KCP Magelang. Skripsi. Program Studi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Salatiga.

Uniyanti. 2018. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah menabung di bank syariah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.

Most read articles by the same author(s)