ANALISIS PENGARUH PROMOSI, KEUNGGULAN PRODUK, DAN PENERAPAN NILAI SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT (STUDI PADA PT. BSI KUALA TUNGKAL, JAMBI) ANALYSIS OF THE EFFECT OF PROMOTION, PRODUCT EXCELLENCE, AND APPLICATION OF SHARIA VALUES ON PEOPLE'S SAVINGS INTEREST (STUDY AT PT. BSI KUALA TUNGKAL, JAMBI)

Main Article Content

Yeni Nurika
Imam Abdul Aziz

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah promosi, keunggulan produk dan penerapan nilai syariah secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kuala Tungkal, Jambi. Adapun data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dan teknik pengumpulan data ini menggunakan wawancara, kuesioner, dan google from dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan untuk menguji Analisis pengaruh promosi, keunggulan produk, penerapan nilai syariah terhadap minat menabung masyarakat menggunakan Uji Regresi linier berganda. Hasil penelitian ini secara bersama-sama atau simultan antara variabel promosi, keunggulan produk dan penerapan nilai-nilai syariah terdapat hubungan yang signifikan terhadap minat menabung masyarakat Kuala Tungkal, Jambi. Kemudian saran dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang kuat antara promosi, Keunggulan produk, dan Penerapan nilai-nilai syariah terhadap minat menabung masyarakat pada Bank Syariah Indonesia. Untuk itu sebaiknya pihak manajemen perusahaan menyajikan sebuah promosi dan produk yang lebih baik dan menarik perhatian masyarakat Kuala Tungkal, Jambi, seperti sering memberikan intensitas penayangan iklan atau publisitas yang lebih merata

Article Details

How to Cite
Nurika, Y., & Aziz, I. A. (2021). ANALISIS PENGARUH PROMOSI, KEUNGGULAN PRODUK, DAN PENERAPAN NILAI SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT (STUDI PADA PT. BSI KUALA TUNGKAL, JAMBI): ANALYSIS OF THE EFFECT OF PROMOTION, PRODUCT EXCELLENCE, AND APPLICATION OF SHARIA VALUES ON PEOPLE’S SAVINGS INTEREST (STUDY AT PT. BSI KUALA TUNGKAL, JAMBI). NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 7(2), 98–105. https://doi.org/10.30997/jn.v7i2.4433
Section
Articles

References

Agustin, H. 2019. Analisis Penerapan Nilai-Nilai Islam Pada Bank Syariah Di Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance. Vol. 2, No. 2, Hal: 28-37

Anwar, S., S. 2020. Peran customer relationship management (crm) dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah di bank syariah (studi di bank syariah mandiri cabang tajur). Universitas Djuanda Bogor. Skripsi

Ariyani, A. 2020. Pengaruh Keunggulan Produk, Pemasaran Relasional Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Skripsi

Bakri, A. N. & Masruroh, U. 2018. Penerapan Nilai-Nilai Islam Dalam Bank Berbasis Syariah Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah. Journal of Islamic Management And Bussines. Vol.1, No. 1, Hal: 33-45

Mawardi., 2018. Pengaruh Promosi Tabungan Bank Sumsel Babel Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kota Palembang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol.4, No.1, Hal 4-52

Rahmanto, K. 2016. Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Minat Masyarakat Desa Sraten Kab. Semarang Untuk Menabung Di Bank Syariah. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Salatiga. Skripsi

Amrillah, Q.,& Brawijaya, A. 2016. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik.Jurnal Syarikah. Vol.2, No 2 Hal: 296-311

Ortega, D., & Alhifni, A. (2017). Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, Volume 5, Nomor 1, Hal 87-98