FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DALAM BERMITRA MENJADI AGEN BSI SMART

Main Article Content

Imam Abdul Aziz
Muhammad Rizaldi
Lilis Fauziyah Balqis

Abstract

Bank BSI menyediakan layanan keuangan melalui kerjasama dengan UMKM sebagai agen dalam menyediakan layanan keuangan dengan didukung sarana teknologi informasi. BSI Smart merupakan Layanan Laku Pandai (Layanan Keuangan dalam Rangka Keuangan Inklusif). Terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan bagi UMKM dalam bermitra menjadi agen BSI Smart. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi UMKM dalam bermitra menjadi agen BSI Smart dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dalam penelitian ini digunakan variabel promosi, budaya, sosial, pribadi dan psikologi. Populasi dari penelitian ini adalah agen BSI Smart Bank Syariah Indonesia KCP Bogor Ciawi yang berjumlah 19 agen dengan menggunakan metode purposive sampling (Sampel Sensus), dengan metode analisis linear berganda, uji asumsi klasik, uji t dan uji f serta menggunakan koefisien determinasi (R2). Hasil secara parsial menunjukkan bahwa variabel promosi, sosial berpengaruh signifikan, sedangkan variabel budaya, pribadi dan psikologi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan UMKM dalam bermitra menjadi agen BSI Smart. Secara simultan variabel promosi, budaya, sosial, pribadi, psikologi berpengaruh signifikan terhadap keputusan UMKM dalam bermitra menjadi agen BSI Smart koefisien determinasi (R2) sebesar 0,605. Diharapkan dari hasil penelitian ini, Bank Syariah Indonesia KCP Bogor Ciawi dapat mempertahankan dan meningkatan variabel promosi dan sosial yang merupakan faktor paling dominan dalam keputusan UMKM dalam bermitra menjadi agen BSI Smart sehingga dengan banyaknya agen bisa menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat secara luas.

Article Details

How to Cite
Aziz, I. A., Rizaldi, M., & Balqis, L. F. . (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DALAM BERMITRA MENJADI AGEN BSI SMART. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 10(1), 59–73. https://doi.org/10.30997/jn.v10i1.8452
Section
Articles

References

Artikel

Andespa, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Al Masraf Vol. 2, No. 1, hlm 45-49.

Qonita, A., & Andri, B. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 2 No.2, hlm 296-311.

Desiana, et al. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmu Akuntansi Vol. 11, No.1, hlm 23-24.

Hidayat, A. (2017). Psikologi dan Kepribadian Manusia Perspektif Al-Quran dan pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Pisikologi. Vol. 11, No. 2, hlm 65

Ibnu A., R., et al. (2022). Pengaruh Penerapan Nilai-Nilai Syariah, Kualitas Pelayanan Dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah: The Influence Of The Implementation Of Sharia Values, Service Quality And Product Exellence On Costumer Satisfaction Of Sharia Bank. Jurnal Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah Vol. 8, No. 2, hlm 156–167.

Mardani,D. (2018). Peran Perbankan Syariah Dalam Mengimplementasikan Keuangan Inklusif Di Indonesia. Jurnal al-Afkar Vol. 1, No.1, hlm.105.

Putri, L., H. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Konsumen Terhadap Produk Naget Delicy. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol. 1 No. 2, hlm 164.

Putri, N., K. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmu Akuntansi Vol 11, No.1, hlm 23 – 34.

Purimauha. (2005). Faktor- Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan Pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maluku di Ambon. Jurnal Keuangan dan Perbankan. Vol, 3, No. 3. hlm10.

Rusdiyana, A., S. & Nurfalah, I. (2019). Digitalisasi Keuangan Syariah Menuju Keuangan Inklusif: Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi Vol. 11, No. 1, hlm. 55 – 76.

Sari, D., H & Khairiyah, N., M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Balikpapan Dalam Menggunakan Produk dan Jasa BRILINK. Kompetensi Vol. 14, No. 2, hlm 146.

Syafril, Huda Nuril. (2015). Analisis Faktor Sosial Budaya dan Pisikologis Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Pembiayaan Pada Warung MIkro. Vol. 3, No. 3, hlm 54.

Suharyat. Y. (2017). Hubungan Antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. UNISMA Bekasi. hlm 9.

Wiryaningtiyas, D., P. (2016). Pengaruh Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Kredit Desa Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Growth. Vol, 14. No. 2, hlm 29.

Yeni, N., & Imam, A., A. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Keunggulan Produk, Dan Penerapan Nilai Syariah Terhadap Minat Menabung Masyaraakat (Studi Pada BSI Kuala Tungkal, Jambi). Jurnal Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah. Vol. 7, No. 2, hlm 98-105

Skripsi

Amini, A. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah (Studi pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi.

Hirmawan, M., R. (2015). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bertransaksi Di Bank Syariah. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi.

Lestari, W. (2019). Faktor-Faktor Yang Menentukan Keputusan Nasabah Menjadi Agen BRILINK (Studi kasus Nasabah BRI Unit Sumber Bening). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Skripsi.

Pratiwi, D. (2020). Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Kualitas Layanan Agen BRILink Terhadap Minat Menabung Nasabah BRI Kota Parepare. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare. Skripsi.

Rahmawati, Ayu (2018) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa/Siswi Memilih Jurusan Perbankan Syariah Di Smk It Al-Izhar School Pekanbaru. Universitas Islam Riau. Skripsi.

Wahyuningsih, H. (2021). Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah, Kualitas Layanan, 6 Dan Brand Image Produk Syariah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Di Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Skripsi.

Wulandari, P., D. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Untuk Menggunakan Fasilitas Mobile Banking Pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lubuk Pakam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Skripsi.

Tesis

Apriyanti, L. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Berpengagruh Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah (Doctoral dissertation, ITBAD Jakarta).

Hairiyah, S. (2017). Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Prosedur Kredit Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit Multiguna Di Bank DKI. (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Buku

Alma, Buchari. (2007). Manajemen pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Damiati, dkk. (2017). Perilaku konsumen. Depok: Rajawali Pers.

Djaali, 2012, Psikologi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

DePoy, E., dan Laura N. G. 2011. Introduction to research: understanding and applying multiple strategie. 4th edition. Mosby, United Stated of America.

Ghozali, Imam. ( 2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS. 21 Update PLS Regresi. Semarang: Unidip.

Hurriyati, Ratih. (2005). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung: CV Alfabeta

Irham, F. (2013). Manajemen Pengambilan Keputusan. Bandung: alvabeta.

Janie, Dyah Nirmala Arum. (2012). Statistik Deskriptif dan Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Semarang: Semarang University Pres.

Kotler, Philip. Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakatra: Erlangga.

Kuncoro, Achmad. Ridwan, Engkos. (2008). Analisis Jalur Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta

Saleh A., A. (2018). Pengantar Psikologi. Makassar: Aksara Timur

Sangadji, Etta m,. Sopiah. (2010). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Setiadi, J. Nugroho. (2013). Prilaku Konsumen, Kharisma Prima Utama, Jakarta.

Sugiarto, Dergibson Siagian. (2006). Metode Statistika untuk Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabetta.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan, Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: CV Andi Offiset.

Umar, H. (2005). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Bandung: Alfabeta.

Veihsal Rival Zainal, et al. (2016). Islamic Marketing Management (Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Website

Undang-Undang Perlindungan Konsumen. (1999). Diakses tanggal 20 Januari 2023, dari Http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uuhmt.

Undang-Undang Perbankan Syariah. (2008). Diakses tanggal 20 Januari 2020, dari https://jdih.kemenkeu.go.id.

Otoritas Jasa Keuangan; Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Diakses tanggal 20 Januari 2023, dari https://ojk.go.id

Bank Syariah Indonesia KCP Bogor Ciawi. BSI Smart (Laku Pandai)