PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI KEMITRAAN BANK SYARIAH TERHADAP REPUTASI BANK SYARIAH

Main Article Content

Dewi Sufi Alawiyah
Andri Brawijaya

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat mengenai kemitraan bank syariah dan reputasi bank syariah. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan analisis metode Skala Likert dan Chi Kuadrat. Data primer yang diambil dengan metode kuesioner dengan pengambilan sampel menggunakan metode Slovin sebanyak 100 sampel dari populasi masyarakat kota Bogor. Hasil perhitungan Skala Likert menunjukan bahwa masyarakat Kota Bogor mempunyai persepsi yang bervariasi mengenai kemitraan bank syariah dan reputasi bank syariah, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tingkat pendidikan dan informasi yang diperoleh oleh setiap individu. Perhitungan dengan metode Chi Kuadrat diperoleh nilai sebesar 84.100. Maka hasil Chi Kuadrat hitung lebih besar daripada Chi Kuadrat tabel yaitu 84.100 >13.277 sehingga Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima atau dapat disimpulkan bahwa masyarakat mengetahui kemitraan bank syariah dan reputasi bank syariah.

Kata kunci : Persepsi, Masyarakat, Kemitraan, Reputasi

Article Details

How to Cite
Alawiyah, D. S., & Brawijaya, A. (2016). PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI KEMITRAAN BANK SYARIAH TERHADAP REPUTASI BANK SYARIAH. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 2(2), 265–282. https://doi.org/10.30997/jn.v2i2.251
Section
Articles

References

Undang-Undang dan Peraturan
Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah
Buku
Ahmad, Abdul Aziz An-najjer dkk, Alih bahasa Salman Haris.1993. 100 soal Jawab TentangBank Islam, Penerbit PT. Al-Maarif: Bandung.
Bateman, snell.2008. Manajemen Kepemimpinan dan Kolaborasi Dalam Dunia Yang Kompetitif.Penerbit : Salemba Empat. Jakarta.
Jafar Hafsah, Muhammad.1999. Kemitraan Usaha, Pustaka Sinar Harapan: Jakarta.
Mardikanto, Totok. 2014. CSR Corporate Social Responsibility (Tanggung jawab Sosial Korporasi). Penerbit : ALFABETA. Bandung.
Remy Sjahdeini, Sutan. 2014. Perbankan Syariah Produk-produk dan Aspek-aspek Hukumnya.Penerbit : Kencana Prenadamedia Group. Jakarta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi(Mixed Methods). Penerbit ALFABETA: Bandung.
Waskito, A.A. Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Penerbit : Media
Skripsi dan Tesis
Alfu Laila, Nur (062411087), dengan judul “Pengaruh Marketing Syariah terhadap Reputasi dan Kepuasan Nasabah PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah”, skripsi(Semarang : IAIN Walisongo).
Alhifni, Anas. 2012. “Persepsi Santri terhadap perbankan syariah”, Skripsi, (Bogor: Universitas Djuanda).
Fadhilah, Sri.“Efektivitas Pola Kemitraan dalam Kerjasama Bank Muamalat Indonesia Dengan Mega Life Cabang Syariah Dalam Mengembangkan Sharia Mega Cover”, skripsi (Jakarta: UIN SyarifHidayatullah)
Yuana Tobing. 2000. “Hubungan antara Performance Quality dengan Customer Oriented”, Tesis, (Semarang: Universitas Diponegoro).
Jurnal
Noviawaty.”Hubungan Antara Faktor Penduduk Setempat Terhadap Kecendrungan Preferensinya”, Jurnal (Sumatra : Universitas Sriwijaya)
Internet
http://Ekbis.sindonews.com diunduh pada hari selasa 01/04/2016 pada pukul 11.00 WIB
http://M.rakyatbekasi.com diunduh pada hari selasa 01/04/2016 pada pukul 16.02 WIB
http://www.syariahmandiri.co.id/2010/07/umkm-jadi-andalan-pendongkrak-pembiayaan-syariah/ diunduh pada hari selasa 01/04/2016 pada pukul 17.00