PERBANDINGAN PENERAPAN KODE ETIK SYARIAH DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (STUDI PADA BANK BNI SYARIAH DAN BTN SYARIAH)

Widia Yunita, Andri Brawijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kode etik syariah di Lembaga Keuangan Syariah (LKS), serta mengetahui apakah ada perbedaan dan persamaan dalam penerapan kode etik di Bank BNI Syariah dan Bank BTN Syariah. Metode penelitian ini menggunakan analisis comparative membandingkan variabel yang sama atau sampel yang berbeda. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada salah satu karyawan Bank Syariah yang disajikan dari Bank BNI Syariah dan BTN Syariah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etika di LKS khususnya di Bank BNI Syariah dan BTN syariah memiliki perbedaan dan persaman dalam penerapan kode etiknya di tinjau dari empat aspek yaitu etika umum, etika bisnis, kepatuhan syariah dan keteladanan hal ini dikarenakan kebijakan setiap Bank berbeda dan memiliki sistem kode etik yang berbeda. Namun bank BNI Syariah dan BTN Syariah memiliki juga persamaan pada penerapan etika syariah nya dimana Bank Syariah berlandaskan pada prinsip-prinsip Syariah (Islam).

Keywords

Lembaga Keuangan Syariah, Bank Syariah, Perbandingan, Kode Etik

Full Text:

PDF

References

Jurnal:

Astuti, T. & Khanifah. (2007). Analisis Perbedaan Persepsi Terhadap Kode Etik Akuntan Antara Akuntan Publik dan Akuntan Pemerintah (Studi Empiris Pada Kantor Publik Se-Kota Semarang & Kantor Perwakilan BPKP Propinsi Jawa Tengah). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 2, No.3, April.

Bhinga, P. & Jesica, H. (2011). Pengaruh Kode Etik Profesi Akuntan Publik Terhadap Kualitas Auditor Independen Di Surabaya. Jurnal Akuntansi Kontemporer. Volume 3, No.1, Januari.

Cecylia, D. S. W (2012). Sikap Profesionalisme Dan Kode Etik Auditor Internal. Berkala Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Volume 1, No 3, Mei.

Ekawati, R. N. (2017). Studi Eksplorasi Penerapan Etika Bisnis Pada Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 10 No.1

Fadjarini, S. (2004). Organisasi Profesi Jurnalis Dan Kode Etik Jurnalistik. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 1, No.1, Juni: 113-126.

Gunawan, A. (2010). Analisis Pengaruh Etika Kerja Islam Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Komitmen Profesi Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Terhadap Internal Auditor Bank di Jawa Tengah). Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam. Nomor II/ Edisi II/ November.

Ida, Edi. 2014. “Pengaruh Independensi, Due Profesional Care Dan Kepatuhan Pada Kode Etik Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan Audit” Jurnal Akuntansi Program S1. Vol.2 No.1

Irfan. (2008). Persepsi Akuntan Intern Tentang Etika Bisnis (Studi Empiris Pada Perbankan di Simatra Utara). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. Vol.8 No.1/Maret

Iskandar. (2004). Peranan Etika Bisnis dalam Pembangunan Akhlak Mulia. Vol. XXIII No.1, Januari-Maret :58-71

M. Fajar. (2003). Lembaga Keuangan Syariah dan Arbitrase Muamalat Indonesia. Al-Mawarid. Edisi X Tahun 2003

Skripsi:

Mardiana. (2017). Peran Serta Dan Mekanisme Bank Syariah Pada Pembiayaan Sindikasi (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Pusat).

Buku:

Abdul, A’la Al-Maududy. (1993). Kode Etik Pergerakan Islam. Penerjemah: Katur Suhardi, Solo: Purimedia.

Abdurrahman, An-Nahlawi. (1995) pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Terjemah: Shihabuddin, Jakarta: Gema Insani.

Agoes, Sukrisno dan I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis dan Profesi: Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Jakarta: Salemba Empat

Agoes, Soekrisno. 1996. Penegakan Kode Etik Akuntan Indonesia. Prosiding Konvensi Nasional Akuntansi ke-3, Memantapkan Posisi dan Peran Profesi Akuntansi dalam Lingkungan yang Berubah, Jakarta: IAI

Bertens, K. 2004 Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius.

Dr. Abd. Haris (2010). Etika Hamka. Yogyakarta: LKiS Printing Cemerlang.

Farhan, Djuni. (2009). Etika dan Akuntabilitas Profesi Akuntan Publik. Malang: Intimedia.

Feby, R. P. (n.d.). Perbandingan Sensitivitas Etis Account Officer Bamk Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah di Kota Surabaya.

Hamzah, B. Uno. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ludigdo, U. (2007). Paradoks Etika Akuntan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhammad, D. (2008). Asas-asas Hukum Perbankan di Indonesia. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Ngatiya. (n.d.). Penegakan Hukum Kode Etik Profesi Porli Terhadap Anggota Polri Yang Melakukan Tindak Pidana (Studi Pada Polresta Pontianak).

Noer, Rosita, Menggugah Etika Bisnis Orde Baru, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1998.

Qardhawi, Yusuf, Dawr al-Qiyam wa al-Akhlaq fi al –Iqtisad al-Islami. Diterjemahkan oleh Zaibal Arifin dan Dahlia Husim, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Cet. Ke-4; Jakarta: Gema Insani Press, 1422 H/2001 M.

Rafik Issa Beekum. (2004). Etika Bisnis Islam. Penerjemah: Muhammad, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sulistiyono. (n.d.). Pelaksanaan Sanksi Pelanggaran Kode Etik Profesi Notaris Oleh Dewan Kehormatan Ikatan Notaris Indonesia Di Kabupaten Tanggerang.

Tim. (1990). Kamus Besar Bahasa Indoensia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim. (2008). Kamus Besar Bahasa Indoensia. Edisi Keempat, Jakarta: PT Gramedia.

Widyawati. Ardiani, I. S. (n.d.). Perbedaan Perspsi Akuntan Publik, Akuntan Pendidikan dan Mahasiswa Akuntan Terhadap Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia.

Yanius, R. (2013). Penyelesaian Pelanggaran Kode Etik Profesi Oleh Kepolisian Republik Indonesia. Lex Crimen Vol. II/No.2/ April-Juni.

Yususf Qardhawi. (2001). Norma dan Etika Ekonomi Islam. Penerjemah: Zainal Arifin, Lc,dkk Jakarta: Gema Insani Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.