PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN PERSEDIAAN REAGEN DI PT. CDCF

Main Article Content

Muhammad Syarifudin

Abstract

Persediaan merupakan masalah yang bersifat fundamental dalam perusahaan. Kekurangan persediaan, dapat berpeluang pada munculnya risiko berupa tidak terpenuhinya keinginan para pelanggan. Persediaan adalah permasalahan kritis dan berbiaya mahal baik pada usaha jasa maupun usaha perdagangan. Kisaran nilai investasi persediaan perusahaan sekitar 25% - 35% dari aset total (Indrajit dan Djokopranoto, 2003). Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sistem pemantauan serta pengendalian persediaan pada bagian gudang. Pembuatan sistem persediaan menggunakan dua variabel pengontrol, yaitu safety stock. Variabel tersebut merupakan persediaan tambahan untuk menghindari peluang terjadinya kekurangan bahan (stock out) dengan rumus SS =ZxdxL dan reorder point (ROP) sebagai pengontrol kapan mulai mengadakan pemesanan dihitung selama masa tenggang dengan rumus ROP=d.LT+SS. Microsoft excel digunakan untuk merancang sistem peringatan pengendalian persediaan untuk membantu operator dalam pengendalian persediaan pada Laboratorium Kimia Fisika.

Article Details

How to Cite
Syarifudin, M. (2016). PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN PERSEDIAAN REAGEN DI PT. CDCF. JURNAL AGROINDUSTRI HALAL, 2(2), 051–058. https://doi.org/10.30997/jah.v2i2.450
Section
Articles

References

Assauri, sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 4, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Baroto,T. 2002. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta : Penerbit Ghalia Indonesia.
Fadhila, Rahmi. 2013. Studi Pengendalian Persedian Obat Generik Melalui Metode Analisis ABC, EOQ, dan ROP di Gudang Farmasi Rumah Sakit Islam Asshobirin Tahun 2013. Jakarta: Unversitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Handoko, Hani T. 1999. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, UNS PRESS. Surakarta
Herjanto, Eddy.1999.Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi kedua, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
Heizer J. Barry Render.2005. Prinsip-prinsip Manajemen Operasi, Salemba Empat.Jakarta.
Heizer, Jay dan Render, Barry.2010. Manajemen Operasi.Jakarta: Salemba empat.
http://www.rumusstatistik.com/2015/04/tabel-z-distribusi-normal.html. (Diakses tanggal 7 Desember 2015 pukul 12:37)
https://id.wikipedia.org/wiki/Pereaksi_kimia. (Diakses tanggal 7 Desember 2015 pukul 12:30).
http://pangeranarti.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-microsoft-excel-lengkap.html. (diakses tanggal 7 desember 2015 pukul 12:33)
Johns, D.T dan Harding, H.A.2001. Manajemen Operasi untuk Meraih Keunggulan Kompetitif.Jakarta: PPM.
Joko, S. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi suatu pengantar. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.
Kendall& Kendall. System Analysis And Design Edition 8. New Jersey:School of Business Camden-Rutgerd University.
Kurniawan, Wahyu Widodo. 2009. Pengembangan Sistem Informasi Persediaan Barang Terdistribusi (Studi Kasus: PT. Master Centranusa Cemerlang). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Majid, Abdul.2013. Analisis Peramalan Produksi Ribbed Smoked Sheet (RSS) di PTPN (Persero) Cikumpay-Purwakarta. Bogor: Universitas Djuanda.
Nasution, Arman Hakim .2003. Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Edisi pertama, Guna Widya, Surabaya.
Ramadhan, Teuku Syamsul. 2008. Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang BerbasisWeb Pada Program Non Reguler Fakultas Sains dan Teknologi UINSH. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Veronica, Mieke Adiyastri.2013. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Beras Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Multi Produk Guna Meminimumkan Biaya Pada Cv.Lumbung Tani Makmur Di Banyuwangi. Jember: Fakultas Ekonomi - Universitas Jember.
Sumardani, Deden.2013. Perencanaan dan Pengendalian Kompo Sebagai Bahan Baku Crumb Rubber Low Grade di PTPN VIII (Persero) Cikumpay-Purwakarta. Bogor: Universitas Djuanda.
Wicaksono, Yudhy. 2012. Panduan Lengkap Mengelola Data Excel. Purwokerto: Kompas Gramedia.