IMPLEMENTASI MBKM (MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA) MENURUT PERSPEKTIF MAHASISWA AGRIBISNIS

Main Article Content

Siti Masitoh
Himmatul Miftah
Wini nahraeni
Arti Yoesdiarti
Ita Novita

Abstract

Tujuan program MBKM adalah mendorong mahasiswa agribisnis dalam menguasai berbagai bidang  ilmu pengetahuan dengan bidang keahliannya, sehingga siap bersaing dalam dunia global. Kebijakan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka tempuh berdasarkan keinginan sendiri. Pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka mendorong proses pembelajaran di perguruan tinggi semakin otonom dan fleksibel. Pendidikan selalu mengupayakan terciptanya peserta didik yang selalu melakukan pembaharuan setiap waktu. Tidak hanya berpendidikan tinggi akan tetapi mampu menjadi agen perubahan dalam lingkup kecil maupun besar. Dari perubahan dan inovasi yang dihasilkan tersebut mampu memberikan kontribusi yang maksimal bagi kemajuan suatu bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Responden penelitian   sebanyak 49 mahasiswa Prodi Agribisnis dari 181 mahasiswa aktif. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Program MBKM pada Prodi Agribisnis menurut perspektif mahasiswa berada pada angka 60,2% (rata-rata dari 14 pertanyaan). Hal ini dilihat dari dilihat dari aspek kesiapan dokumen, dukungan program terdahulu, kesiapan mahasiswa menjadi bagian dalam program, perolehan ketrampilan dan kompetensi tambahan dalam penyelesaian permasalahan, kaitan program dengan masa studi, meluasnya perspektif dan bertambahnya kompetensi yang dibutuhkan dengan belajar di prodi lain, kesesuaian program dengan kebutuhan lulusan di masa mendatang, kaitan program dengan kompetensi ketrampilan lulusan setelah lulus dan bekerja, kaitan program dengan persiapan menghadapi masa pasca kampus (bekerja), dan kedalaman pengetahuan mahasiswa tentang program. Implikasi kebijakan baik bagi prodi, fakultas, dan universitas adalah memperkuat terkait penguatan kesiapan untuk memfasilitasi mahasiswa yang berminat mengambil MBKM Magang Industri melalui penguatan dengan mitra dunia industri  dan membentuk Pusat Inkubasi Bisnis untuk kegiatan kewirausahaan.


 


Kata kunci: MBKM, Perspektif,  Magang Industri, Kewirausahaan

Article Details

How to Cite
Masitoh, S., Miftah, H., nahraeni, W., Yoesdiarti, A. ., & Novita, I. (2021). IMPLEMENTASI MBKM (MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA) MENURUT PERSPEKTIF MAHASISWA AGRIBISNIS. JURNAL AGRIBISAINS, 7(2), 59–67. https://doi.org/10.30997/jagi.v7i2.5036
Section
Articles

References

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/05/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020-1.pdf

Fuadi, T.M & Dian Aswita (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan dan Kedala yang Dihadapi oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2):603-614

Program Studi Agribisnis. (2020). Menciptakan Lulusan Berdaya Saing Tinggu Melalui Pengembangan dan Implementasi Kurikulum MBKM Program Studi Agribisnis Universitas Djuanda Bogor (Laporan tidak Dipublikasikan)

Shinta, Agustina. (2020). Implementasi MBKM pada Prodi Agribisnis. Disampaikan pada Workshop Kurikulum MBKM dan Implementasinya Tingkat Fakultas Pertanian diselenggarakan oleh Prodi Agribinis Universitas Djuanda Bogor, 8 November 2020

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q., & Erihadiana, M. (2021). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1):34-41

Utama, I Made Supartha. (2020). Pendidikan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 dan Mendukung MBKM. Disampaikan pada Webinar Sosialisasi MBKM Kemdikbud, 24 September 2020

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>