ANALISIS STRUCTURE, CONDUCT, PERFORMANCE (SCP) BUAH PEPAYA CALIFORNIA (Carica papaya L.) DI PASAR TRADISIONAL KOTA BOGOR

Authors

  • Vigia Marfuah Zuher a:1:{s:5:"en_US";s:19:"Universitas Djuanda";}
  • Arti Yoesdiarti Universitas Djuanda
  • Himmatul Miftah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jagi.v7i2.4948

Keywords:

Farmer’s share, pepaya California, structure conduct performance, Pasar tradisional Bogor

Abstract

Pepaya California merupakan buah yang banyak disukai oleh masyarakat Kota Bogor sehingga keberlanjutan pasokannya sangat diperlukan. Kinerja pasokan diantaranya dilakukan melalui analisis Structure Conduct Performance pelaku pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stuktur, perilaku, kinerja pasar dan risiko  rantai pasok beserta mitigasinya. Data yang diambil adalah data primer melalui wawancara langsung dengan bantuan kuisioner dan observasi. Data sekunder diperoleh dari literatur. Hasil penelitian menunjukan struktur pasar yang terbentuk ditingkat pedagang pengumpul desa dan pedagang besar adalah monopolistik dan ditingkat pedagang pengecer oligopoli. Lembaga pemasaran yang terlibat lemah dalam penentuan harga. Terdapat empat saluran pemasaran yang terbentuk. Saluran I Pedagang pengumpul desa Jember-pedagang besar Kramat Jati-pedagang pengecer Pasar Tradisional Kota Bogor - konsumen akhir, saluran II Pedagang pengumpul desa Malang - pedagang besar Kramat Jati - pedagang pengecer Pasar Tradisional Kota Bogor - konsumen akhir, saluran III Pedagang pengumpul desa Cianjur – pedagang besar kramat jati – pedagang pengecer Pasar Tradisional Kota Bogor – konsumen akhir dan saluran IV Pedagang pengumpul desa Sukabumi – pedagang pengecer Pasar Tradisional Kota Bogor – konsumen akhir. Nilai marjin pemasaran dan farmer’s share pada analisis kinerja pasar menunjukan saluran pemasaran III merupakan saluran yang memiliki marjin pemasaran terendah yaitu Rp. 5.500,00 dan  farmer’s share paling tinggi yaitu 45%.

Kata Kunci : Farmer’s share, pepaya California, structure conduct performance, Pasar tradisional Bogor

References

Badan Pusat Statistik. 2020. Produksi Buah – Buahan (ton). Bps.go.id. Diakses 14 Maret 2020.

Badan Pusat Statistik. 2020. Produksi Pepaya (ton) bps.go.id. diakses 14 maret 2020.

Baye M. 2010. Managerial Economics and Business Strategy. Seventh Edition. McGraww-Hill Irwin : Singapura.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor. 2020. Data Kunjungan Wisata. Disparbud.kotabogor.go.id. Diakses pada 8 April 2020.

George, Panagiotou. 2006. International Journal Management Decision The Impact Of Managerial Cognitions On The Structure-Conduct-Performance (SCP) Paradigm : A Strategic Group Perspective. Vol. 44 Iss: 3, Hal 423

Godfrey PS. 1996. Control of risk : A guide to the systematic management of risk from contruction. https://cstn.files.wordpress.com/2009/11.control-of-risk-a- guide-to-the-systematic-management-of-risk-from-contruction1.pdf. Diakses 14 Maret 2020.Hanafie R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta : CV Andi Offset

Kohl RL, Uhl JN. 2002. Marketing of Agricultural Product Nineth Edition. New Jersey (UD): Prentice-Hall Inch

Downloads

Published

2021-10-08

How to Cite

Marfuah Zuher, V., Yoesdiarti, A. ., & Miftah, H. (2021). ANALISIS STRUCTURE, CONDUCT, PERFORMANCE (SCP) BUAH PEPAYA CALIFORNIA (Carica papaya L.) DI PASAR TRADISIONAL KOTA BOGOR. JURNAL AGRIBISAINS, 7(2), 51–58. https://doi.org/10.30997/jagi.v7i2.4948

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>