ANALISIS SALURAN PEMASARAN DAN RISIKO DISTRIBUSI MELON (Cucumis melo L.) YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis efisiensi saluran pemasaran dan risiko distribusi Melon yang dijual di pasar tradisional Kota Bogor. Penelitian dilaksanakan di Pasar Jambu Dua dan Pasar Baru Bogor, pemilihan lokasi ini dilakukan secara purposive karena kedua pasar tersebut merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Bogor yang mendistribusikan buah dengan kuantitas terbanyak salah satunya yaitu Melon. Penentuan sampel dilakukan secara purposive untuk pedagang retail di pasar tradisional Kota Bogor dan snowball sampling untuk pelaku tataniaga yang menyuplai ke pedagang eceran. Hasil penelitian menunjukan terdapat dua saluran pemasaran yang terbentuk. Saluran I Pedagang pengumpul di Klaten dan Kulonprogo - pedagang besar Pasar Induk Kramat Jati-pedagang pengecer Pasar Tradisional Kota Bogor - konsumen akhir, saluran II Pedagang pengumpul di Grobogan - pedagang besar Pasar Induk Kramat Jati - pedagang pengecer Pasar Tradisional Kota Bogor - konsumen akhir. Nilai marjin pemasaran dan farmer’s share pada analisis efisiensi saluran pemasaran menunjukan saluran pemasaran I dan II memiliki nilai marjin total yang sama yaitu Rp. 10.000 dan farmer’s share paling tinggi yaitu pada saluran pemasaran II sebesar 23,08%. Hasil analisis risiko distribusi dengan pendekatan Enterprise Risk Management (ERM) menunjukan risiko paling tinggi adalah susut bobot tingkat pedagang pengumpul, rusak fisik di tingkat pedagang besar dan susut bobot di tingkat pedagang pengecer
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal AgribiSains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal AgribiSains.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal AgribiSains.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Afandi, S. 2019. Analisis Saluran Pemasaran dan Risiko Distribusi Tomat di Pasar Tradisional Kota Bogor ( Pendekatan Enterprise Risk Management). Fakultas Pertanian Universitas Djuanda. Bogor.
Andini. 2011. Manajemen Rantai Pasok Buah Lokal ke Ritel Modern dengan Pendekatan Relationship Marketing (Studi Kasus pada Distributor CV Kujang Jaya). Bogor: Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.
Asmarantaka RW. 2012. Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing).Bogor(ID): Depatemen Agribisnis FEM IPB.
Badan Pusat Statistik. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. 2017.
Destriani A. 2017. Analisis Risiko Usaha Sayuran Organik di Farm Organic Tenjolaya Bogor dengan Pendekatan Enterprise Risk Management. [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Bogor. Diakses 20 Agustus. 2020.
Firdaus M. 2008. Manajemen Agribisnis. Yustianti F, editor. Jakarta (ID): PT Bumi Aksara.
Godfrey PS. 1996. Control of risk: A guide to the systematic management of risk from construction. https://cstn.files.wordpress.com/2009/11/control-of-risk-a-guide-to-the-systematic-management-of-risk-from-construction1.pdf. Diakses 18 Agustus 2020.
Hanafi.2016. Manajemen Risiko, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Hanafiah dan Saefudin. 1993. Tataniaga Hasil Pertanian. UI-Pres. Jakarta.
Kohl RL, Uhl JN. 2002. Marketing of Agricultural Product Nineth Edition. New Jersey (UD):Prentice-Hall Inch
Kota Bogor Dalam Angka. Bogorin Figures 2017. Badan Pusat Statistik Kota Bogor.Pasar Pakuan Jaya.Profil PD
Pasar Pakuan Jaya Bogor. Profil PD Pasar Pakuan Jaya Bogor
Suharjito. 2011. Pemodelan Optimasi Mitigasi Risiko Rantai Pasok Produk/Lomoditas Jagung. Jurnal Agritech 31(3):215–227