ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI (Coffea, sp) DI KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) CIBULAO HIJAU

Main Article Content

R. Nadya Tamaradewi
Himmatul Miftah
Arti Yusdiarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tambah kopi Robusta dan Arabika di KTH Cibulao Hijau, mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha kopi di KTH Cibulao Hijau, serta menentukan pilihan strategi alternatif dan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan usaha kopi di KTH Cibulao Hijau. Analisis data menggunakan analisis nilai tambah metode Hayami dan analisis strategi pengembangan usaha dengan tiga tahap formulasi strategi. Pemilihan responden dilakukan secara purposive sampling. Jumlah responden nilai tambah 3 orang dan responden strategi pengembangan berasal dari internal dan eksternal KTH Cibulao Hijau. Nilai tambah paling tinggi yang dihasilkan dari proses pengolahan kopi Robusta adalah Robusta dengan Natural process dengan nilai tambah green bean, roasted bean dan kopi bubuk yaitu Rp 5.510 (42,38%) , Rp 77.781 (52,55%), dan Rp 159.821 (45,66%) . Nilai tambah tertinggi yang dihasilkan dari proses pengolahan kopi  Arabika adalah Arabika dengan Full wash process dengan nilai tambah green bean, roasted bean dan kopi bubuk yaitu Rp 3.735 (26,12%) , Rp 182.091 (63,45%) , Rp 84.548 (18,79%). Analisis matriks IFE menghasilkan total skor 2,708 dan analisis matriks EFE menghasilkan total skor 2,911. Alternatif strategi yang dihasilkan ada 7 pilihan dari matriks SWOT dan prioritas strategi yang dipilih berdasarkan matriks QSPM yaitu meningkatkan kompetensi SDM dan kualitas dalam manajerial  dalam kelompok dengan nilai STAS 6,55

Kata Kunci: Kopi Robusta, Kopi Arabika, Nilai Tambah, Strategi Pengembangan

Article Details

How to Cite
Tamaradewi, R. N., Miftah, H., & Yusdiarti, A. (2019). ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI (Coffea, sp) DI KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) CIBULAO HIJAU. JURNAL AGRIBISAINS, 5(2). https://doi.org/10.30997/jagi.v5i2.2322
Section
Articles

References

[Badan Pusat Statistik]. 2017. Statistik Kopi Indonesia 2017. Jakarta : BPS
[Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penenyegar]. 2018. Kabupaten Bogor Bergairah Mengembangkan Kopi Robusta. Balitri.litbang.pertanian.go.id/. Diakses 20 Mei 2019
[Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor]. 2018. Laporan Rekapitulasi Luas Areal dan Produksi Pekebunan Rakyat TanamanTahunan Kabupaten Bogor. Bogor : Distanhorbun Kabupaten Bogor
[Pemerintah Kabupaten Bogor]. 2019. Pameran Agro dan Kopi Bogor-Bogor Fest 2019 dalam Rangka Gebyar Panca Karsa dan Program 100 Hari. http://bogorkab.go.id. Diakses 21 Juni 2019.
David FR dan David FR. 2016. Manajemen Strategik : Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Salemba Empat. Yogyakarta.
Hayami Y, et al. 1987. Agricultural Marketing and Processing in Upland Java A Perspective From A Sunda Village. Bogor (ID) : CGPRT Centre

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>