PERSEPSI PETERNAK DAN POLA PEMASARAN SAPI POTONG

Main Article Content

Muhammad Sukri Fuad
Siti Masithoh
Wini Nahraeni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik peternak, persepsi peternak terhadap
SPR dan pola pemasaran sapi potong di Kecamatan Ciracap. Data dikumpulkan melalui
simple random sampling untuk mengetahui karakteristik dan persepsi peternak, sedangkan
untuk menelusuri lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling. Persepsi peternak
terhadap SPR diukur dalam Skala Likert melalui 30 indikator. Persepsi peternak dikatakan
tidak baik apabila mempunyai nilai 50 – 117, persepsi kurang baik apabila mempunyai nilai
118 – 185, dan persepsi peternak dikatakan baik jika mempunyai nilai 186 – 250. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa persepsi peternak terhadap program SPR di Kecamatan
Ciracap adalah kategori baik, dengan nilai persepsi mencapai 194,57. Pola pemasaran yang
terbentuk melibatkan lembaga pemasaran tengkulak Ciracap, tengkulak Tasikmalaya, TPH
Surade, dan TPH Tegal Buleud. Penjualan sapi potong oleh peternak dengan cara
menyebarkan informasi kepada tengkulak mengenai sapi yang akan di jual.

Article Details

How to Cite
Fuad, M. S., Masithoh, S., & Nahraeni, W. (2019). PERSEPSI PETERNAK DAN POLA PEMASARAN SAPI POTONG. JURNAL AGRIBISAINS, 4(1). https://doi.org/10.30997/jagi.v4i1.1546
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>