PERSEPSI PETERNAK DAN POLA PEMASARAN SAPI POTONG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik peternak, persepsi peternak terhadap
SPR dan pola pemasaran sapi potong di Kecamatan Ciracap. Data dikumpulkan melalui
simple random sampling untuk mengetahui karakteristik dan persepsi peternak, sedangkan
untuk menelusuri lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling. Persepsi peternak
terhadap SPR diukur dalam Skala Likert melalui 30 indikator. Persepsi peternak dikatakan
tidak baik apabila mempunyai nilai 50 – 117, persepsi kurang baik apabila mempunyai nilai
118 – 185, dan persepsi peternak dikatakan baik jika mempunyai nilai 186 – 250. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa persepsi peternak terhadap program SPR di Kecamatan
Ciracap adalah kategori baik, dengan nilai persepsi mencapai 194,57. Pola pemasaran yang
terbentuk melibatkan lembaga pemasaran tengkulak Ciracap, tengkulak Tasikmalaya, TPH
Surade, dan TPH Tegal Buleud. Penjualan sapi potong oleh peternak dengan cara
menyebarkan informasi kepada tengkulak mengenai sapi yang akan di jual.
SPR dan pola pemasaran sapi potong di Kecamatan Ciracap. Data dikumpulkan melalui
simple random sampling untuk mengetahui karakteristik dan persepsi peternak, sedangkan
untuk menelusuri lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling. Persepsi peternak
terhadap SPR diukur dalam Skala Likert melalui 30 indikator. Persepsi peternak dikatakan
tidak baik apabila mempunyai nilai 50 – 117, persepsi kurang baik apabila mempunyai nilai
118 – 185, dan persepsi peternak dikatakan baik jika mempunyai nilai 186 – 250. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa persepsi peternak terhadap program SPR di Kecamatan
Ciracap adalah kategori baik, dengan nilai persepsi mencapai 194,57. Pola pemasaran yang
terbentuk melibatkan lembaga pemasaran tengkulak Ciracap, tengkulak Tasikmalaya, TPH
Surade, dan TPH Tegal Buleud. Penjualan sapi potong oleh peternak dengan cara
menyebarkan informasi kepada tengkulak mengenai sapi yang akan di jual.
Article Details
How to Cite
Fuad, M. S., Masithoh, S., & Nahraeni, W. (2019). PERSEPSI PETERNAK DAN POLA PEMASARAN SAPI POTONG. JURNAL AGRIBISAINS, 4(1). https://doi.org/10.30997/jagi.v4i1.1546
Section
Articles
Authors who publish with Jurnal AgribiSains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal AgribiSains.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal AgribiSains.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work