KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR SYARIAH PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI BOGOR

Main Article Content

Siti Usniah
Anas Alhifni

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik entrepreneur syariah pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis fenomenologi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada tiga usaha UMKM di Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, kegiatan usaha yang dipraktikan oleh setiap UMKM dimulai dari proses produksi dan proses pemasaran. Kedua, UMKM di wilayah Bogor telah mempunyai karakter jujur (Shiddiq), berbisnis secara adil atau keadilan, komunikatif atau cakap, senang membantu pelanggan, menjaga hak-hak konsumen dan menunaikan zakat, infaq dan shadaqah. Akan tetapi, terdapat karakter yang belum maksimal diterapkan dalam kegiatannya. Ketiga, dampak dari penerapan karakteristik yang dimiliki oleh setiap UMKM menimbulkan berbagai macam perkembangan mulai dari peningkatan produksi, penjualan, pendapatan dan meluasnya pasar.

 

Kata Kunci: Karakteristik Entrepreneur Syariah, UMKM

Article Details

How to Cite
Usniah, S., & Alhifni, A. (2017). KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR SYARIAH PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI BOGOR. urnal yarikah urnal konomi slam, 3(1), 372–390. https://doi.org/10.30997/jsei.v3i1.718
Section
Articles

References

Abdullah, M. Ma'ruf. 2013. Wirausaha Berbasis Syariah. Banjarmasin: Aswaja Pressindo Cetakan pertama. hal: 34-35.
Alam. A. I. A. 2014. Analisis Harga Jual Produk Berbasis Nilai keadilan pada Lembaga Usaha Berlabel Syariah (Studi Kasus pada Unit Usaha Pesantren Modern Immim Putra Makassar). Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar. Hal: 9, 27
Alim, N. 2009. Pembiayaan Syariah Untuk Usaha Mikro dan Kecil: Studi Kasus dan Solusi. Surabaya: PT. Bina Ilmu cet. I Hal: 14.
Amalia, F. 2014. Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil. Al-Iqtishad, Vol. VI No. 1. hal: 142
Antoni. 2014. Muslim Entrepreneurship: Membangun Muslimpreneurs Characteristics Dengan pendekatan Knowladge Based Economy. EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, Volume VII Nomor 2. hal: 338.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Hal. 145 dan 157.
Cahyani, U. E. 2015. Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Berbasis Syariah di IAIN PadangSidimpuan. Jurnal At-Tijaroh, Vol 1 No 1. hal: 212
Desvianto, S. 2013. Studi Fenomenologi: Proses Pembentukan Persepsi Mantan Pasien di Rumah Pemulihan Soteria. Jurnal E-KOMUNIKASI, Vol. 1 No. 3.
Dominicus Savio Priyarsono, L. D. 2014. Pengaruh Karakter Wirausahawan terhadap Keberhasilan UMKM: Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Islam Republika.
Fajrina, Dyas Nur. 2015. Analisis Penerapan Bisnis Berbasis Syariah Pada Wirausaha Muslim (Study Pada Wirausaha Muslim di Perumahan Kaliwungu Indah-Kendal). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islamuniversitas Islam Negeri Walisongo. hal: 14.
Gabriela, Hawa. 2014. Analisis Karakteristik Wirausahwa Muslim Dalam Upaya Mencapai Kesuksesan Usaha (Studi Kasus di Sentra Industri Rambak Desa Penanggulangan Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Universitas Isalam Negeri. hal: 6 dan 33.
Hafidhuddin, D. 2003. Islam Aplikatif. Jakarta: Gema Insani, Cet. pertama. Hal. 76-79 dan 33-37.
Hasbiansyah, O. 2008. Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. MEDIATOR, Vol. 9 No. 1. Hal 170
Huda, D. S. M. 2013. Tinjauan Hukum Islam Terhadap penerapan Khiyar dalam Jual Beli Barang Elektronik Secara Online (Studi Kasus di toko Online Kamera Mbantul). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Hal 9
Jasafat. 2015. Manajemen Pengelolaan Zakat, Infaq Dan Sadaqah Pada Baitul Mal Aceh Besar. Jurnal Al Ijtimaiyyah, Vol: 1 No: 1. Hal 1
Kara, M. 2013. Kontribusi Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Pengembangan UMKM di Kota Makasar. Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum, Volume 47. hal: 269, 272-273.
Koentjoro, W. 2011. Upah dalam Perspektif Islam. Prestasi, Vol. 8 No. 2. Hal 1
Lana Sularto, D. W. 2015. Adopsi Teknologi Informasi untuk Pencatatan Transaksi Pada Usaha Kecil dan Menengah Restoran di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Prosiding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil, Vol. 6 ISSN: 1858-2559. hal: 269.
Malahayati. 2010. Rahasia Sukses Bisnis Rasulallah. Yogyakarta: Penerbit Jogja Great Publisher Cet. pertama. Hal. 12, 43-49
Markas. 2014. Urgensi Sifat Jujur dalam Berbisnis. Jurnal PILAR, Vol. 2 No. 2. Hal: 171
Musfiqon. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya. Hal. 120
Nawatmi, S. 2010. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Fokus Ekonomi, Vol. 9 No. 1. hal: 54, 57
Nurcholifah, Ita. 2015. Membangun Muslim Entrepreneurship: Dari Pendekatan Konvensional Ke Pendekatan Syariah. Al-Mashlahah Jurnal Ilmu Syariah. Volume 5 Nomor 1 hal. 14
Saifullah, M. 2011. Etika Bisnis Islami dalam Praktek Bisnis Rasulallah. Walisongo, Volume 19 Nomor 1. hal: 145.
Sakdiah. 2016. Karakteristik Kepemimpinan dalam Islam (Kajian Historis Filosofis) Sifat-Sifat Rasulallah. Jurnal Al-Bayan, Vol. 22 No. 33. Hal 31-32
Sijabat, S. 2008. Potret Iklim Usaha Pemberdayaan UMKM. INFOKOP, volume 16. Hal. 3
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Hal. 12
Susilo, Y. S. 2007. Pertumbuhan Usaha Industri Kecil-Menengah (IKM) dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Eksekutif, Volume 4 Nomor 2. Hal 306
Tambunan, T. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-isu Penting. Jakarta: LP3ES. Hal. 1
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
Yusri, M. 2009. Kajian Undang-Undang Pelindungan Konsumen dalam perspektif Hukum Islam. Ulumuddin, Volume V. hal: 367, 368
Zahroh, A. 2014. Spiritual Entrepreneur. Iqtishaduna, Vol. 4 No. 1. Hal: 112-116

Most read articles by the same author(s)