Tingkat Kecemasan Pada Remaja Dalam Menghadapi Masa Depan

Main Article Content

Ananda Putri Sherlina

Abstract

Masa depan pasti akan menghampiri remaja. Karena itu remaja sudah seharusnya mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menyongsong masa depan. Masa remaja merupakan masa transisi yang ditandai dengan perubahan fisik, emosional dan psikologis. Namun yang menjadi masalah adalah banyak anak remaja yang memilih untuk bunuh diri karena sudah tidak sanggup menghadadapi masalah yang di miliki. Tugas remaja adalah menerima dirinya sendiri dan percaya terhadap kemampuan dirinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kecemasan remaja saat ini agar dapat diantisipasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur. Studi literatur adalah serangkaian metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Berdasarkan hasil yang didapat dari pengolahan data, kecemasan yang berlebihan pada remaja bisa di selesaikan dengan cara cerita ke orang yang di percaya dan bunuh diri bukanlah solusi yang tepat untuk menyelesaikan semua masalah.

Article Details

How to Cite
Sherlina, A. P. (2024). Tingkat Kecemasan Pada Remaja Dalam Menghadapi Masa Depan. Karimah Tauhid, 3(1), 989–997. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.8864
Section
Articles

References

Chaflin T. Lamba, Herdy Munayang, & Lisbeth F. J. Kandou. (2017). Gambaran Tingkat Kecemasan pada Warga yang Tinggal di Daerah Rawan Banjir Khususnya Warga di Kelurahan Tikala Ares Kota Manado. Jurnal E-Clinic (ECl), 5 Nomor 1, 61–65.

Elliot, A. J. (2000). Competence Valuation As a Strategic Intrinsic Motivation Process Journal Of Personality And Social Psychology.

Herlina Astri. (2014). Kehidupan Anak Jalanan Di Indonesia : Faktor, Penyebab, Tatanan Hidup, Dan Kerentanan Berperilaku Menyimpang. Aspirasi, 5 Nomor 2, 145–155.

Jalaludin Rahmat. (2002). Psikologi Komunikasi. 11–50.

Lailatul Muarofah Hanim, & Sa’adatul Ahlas. (2020). Orientasi Masa Depan dan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 41–48. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.362

Melati Ismi Hapsari, & Nida Ul Hasanat. (2010). Efektivitas Pelatihan Keterampilan Sosial Pada Remaja Dengan Gangguan Kecemasan Sosial. PSYCHO IDEA, 8 Nomor 1, 18–37.

Oktaria, Y., & Pardede, K. (n.d.). KONSEP DIRI ANAK JALANAN USIA REMAJA.

Terapan, J. P., Pendidikan, D., Harahap, I. D., & Pranungsari, D. (2020). Hubungan Konsep Diri dan Adversity quotient dengan Kecemasan Menghadapi Masa Depan Remaja Jalanan. 2(1), 1–7.

Zuraida. (2018). Konsep Diri Pada Remaja Dari Keluarga Yang Bercerai. In 88. Kognisi Jurnal (Vol. 2, Issue 2).