Analisis Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret Melalui Hasil Importance Performance Analysis (Ipa)
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13982Keywords:
Indomaret, Kepuasan PelangganAbstract
Bisnis yang sedang berkembang hingga memperoleh keunggulan kompetitif harus mampu memberikan layanan pelanggan yang berkualitas tinggi kepada pelanggannya. Pengalaman layanan pelanggan yang baik harus dilaksanakan sesuai dengan nilai-nilai perusahaan; namun demikian, kualitas barang atau jasa tidak boleh bergantung pada kemampuan karyawan untuk secara konsisten memenuhi harapan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor nyata keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan mengetahui apakah faktor-faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap pengalaman pelanggan di Indomaret Griya Alam Sentosa. Selain itu juga ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan di Indomaret ini. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel disebut nonprobability . Metode pengumpulan information dengan kuesioner. Kumpulan information awal yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 responden. Alat analisis yang digunakan adalah metode analisis dimana information dianalisis dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh tangibility, unwavering quality, responsiveness,assurance dan sympathy secara Bersama sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
References
Alqifari, M. (2023). Survei Kepuasan Konsumen Terhadap Minimarket Indomaret Di
Kecamatan Ampenan Kota Mataram. Jemba: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis DaN
Akuntansi, 2(4), 461-474.
Asmono, Oktavia Farida and , Drs. Nur Chusni, SE, M.Ag. (2015) Kinerja Karyawan Bagian Produksi Ditinjau Dari Motivasi dan Disiplim Kerja Karyawan PT. SOMIN Surakarta Tahun 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ghozali, Imam, (2011). Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Prayoga, A. (2018). Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Pada Indomaret Dan Alfamart Di Candi Gebang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
SUGIYONO, P. D. metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 2019, 67.
Sulistyo, A. B., Rafauzi, I., & Wijaya, H. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Indomaret Dengan Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis (IPA). J. Media Tek. Dan Sist. Ind, 6(2), 95-106.
Fajri, L., Sugiarto, S., & Anggraini, R. (2019). PENERAPAN METODE IPA (IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS) UNTUK MENGANALISIS KEPENTINGAN DAN KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BUS TRANS KOETARADJA (STUDI KASUS : KORIDOR I KEUDAH – DARUSSALAM). Jurnal Arsip Rekayasa Sipil Dan Perencanaan, 2(2), 164–173. https://doi.org/10.24815/jarsp.v2i2.13453
Ilham, S., Silaningsih, E., Kartini, T., Gemina, D., Manajemen, P., Ekonomi, F., & Djuanda Bogor, U. (2024). PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI STRATEGI STORE ATMOSPHERE. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 13(01).
LEMBAR PENGESAHAN PANITIA UJIAN. (n.d.).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ananda Putri Sherlina, Fitri Nurbaeti, Padila Nurhikmah, Siti Zuhur Hanifah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.