Literasi Digital Sebagai Media Pembelajaran

Main Article Content

Fitri Nurbaeti

Abstract

Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami informasi, seperti kemampuan membaca dan menulis secara digital. Namun yang menjadi permasalahan yaitu apa dampak dari literasi digital terhadap pembelajaran karena dengan menggunakan media digital banyak orang yang menyalahgunakan, tetapi dengan penggunan media online yang bijak tidak akan berdampak buruk bagi pengguna. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa efektifitasnya e-book dalam pembelajaran. Literasi digital dalam pembelajaran e-book sangat bermanfaat karena pembelajaran melalui literasi digital tidak terkesan monoton atau membosankan yang membuat meningkatnya minat baca dan juga kemajuan teknologi semakin memudahkan dalam mempelajari sesuatu hanya dalam media digital yang digunakan pada Internet.


 

Article Details

How to Cite
Nurbaeti, F. (2023). Literasi Digital Sebagai Media Pembelajaran. Karimah Tauhid, 2(3), 734–742. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i3.8867
Section
Articles

References

Azzahra, S. (2023). Penggunaan Film Kartun Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris.

, 467–472.

Giovanni, F., & Komariah, N. (2020). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147. https://doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827

Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar Pada Pada Mata Pelajaran Ipa. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(4), 369–384. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61

Kebijakan Sektor Publik, D., Dan Perpajakan Syahrul Reza, B. T., & Hermawansyah, W. (2019). Masa Depan Bisnis Kreatif Diera Revolusi Industri 4.0 Ditinjau. 16(1), 48–52. http://ojs.stiami.ac.id

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, & Cholifah, Nn. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671

Knutsson, O., Blåsjö, M., Hållsten, S., & Karlström, P. (2012). Identifying different registers of digital literacy in virtual learning environments. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2011.11.002

Masitoh, S. (2018). Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045. Proceedings of The ICECRS, 1(3). https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1377

Rila Setyaningsih, A. E. P. H. (2019). Nodel Penguatan Literasi Digitall Melalui Pemanfaatan E-Lerning.

Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65–80.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.