Bahan Belajar SD Dimasa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Siti Fauziah
Rasmitadila

Abstract

Pandemi covid-19 membuat berbagai perubahan pada setiap aspek kehidupan, salah satunya pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran orang tua pada saat mendampingi anak dalam pembelajaran dirumah dan menemukan kendala pada saat pembelajaran di rumah. Penggunaan metode dalam penelitian ini yaitu metode deskripsi. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menjukkan peran serta orang tua sangat mendukung keberhasilan prestasi anak. Selalu memotivasi dan memberikan inovasi-inovasi dalam membimbing anak, agar anak tidak jenuh dalam belajar, harus adanya kordinasi yang baik antara orang tua dan guru. Diperlukannya evaluasi agar bisa meningkatkan hasil prestasi siswa. berbagai kendala orang tua dalam pembelajaran daring diantaranya,tidak memiliki hanphone sendiri hanphone dibawa orangtua kerja , sinyal internet yang terkadang susah, kuota yang mahal, orang tua kurang bisa membimbing dan memahami materi secara penuh, sehingga tidak bisa maksimal dalam mengajari anak. Permasalahan yang terjadi bukan hanya terdapat pada sistem media pembelajaran akan tetapi ketersediaan kuota yang membutuhkan biaya cukup tinggi harganya bagi siswa dan guru guna memfasilitasi kebutuhan pembelajaran daring. Kuota yang dibeli untuk kebutuhan internet menjadi melonjak dan banyak diantara orangtua siswa yang tidak siap untuk menambah anggaran dalam menyediakan jaringan internet. Hal ini pun menjadi permasalahan yang sangat penting bagi siswa, jam berapa mereka harus belajar dan bagaimana data (kuota) yang mereka miliki, sedangkan orangtua mereka yang berpenghasilan rendah atau dari kalangan menengah kebawah (kurang mampu). Hingga akhirnya hal seperti ini dibebankan kepada orangtua siswa yang ingin anaknya tetap mengikuti pembelajaran daring. Pembelajaran daring tidak bisa lepas dari jaringan internet. Koneksi jaringan internet menjadi salah satu kendala yang dihadapi siswa yang tempat tinggalnya sulit untuk mengakses internet, apalagi siswa tersebut tempat tinggalnya di daerah pedesaan, terpencil dan tertinggal.

Article Details

How to Cite
Fauziah, S., & Rasmitadila. (2022). Bahan Belajar SD Dimasa Pandemi Covid-19. Karimah Tauhid, 1(2), 181–186. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.6446
Section
Articles
Author Biography

References

Reza, Jeko Iqbal. 2020. “TentangModulBelajarLiterasidanNumerasiJenjangSd”. 8 Agustus 2020, dilihat 27 Juni 2022. (https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/tingkat-sd-modul

-belajar-literasi-numerisasi/).

Aziz, Abdul dan Munawar Tri Huda. 2018. ”MengenalSistemPendidikanModerndanPerbedaanya DenganSistemPendidikanTradisional”.8 Juni 2018, dilihat 27 Juni 2022. (https://diknas.okukab.go.id/berita/detail/pembelajaran-di-masa-pandemi-covid1).

OKU, H. Teddy Meilwansyah, S.STP., MM. 2020. “PembelajaranDimasaPandemiCovid2020”.

Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Surahman, Fadli , Rafita Oktaviana, dan Tisrin Maulina Dewi. 2021.“AnalisisProsesPembelajaran DaringPadaMasaPandemiCovid-19”.2 April 2021, dilihat 27 Juni 2022. (https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/download/335/215/).

Kurniasari, Asrilia , Fitroh Setyo Putro Pribowo , Deni Adi Putra. 2020. “AnalisisEfektivitasPelaksanaan BelajarDariRumah(Bdr)SelamaPandemiCovid-19”.3 September 2020, dilihat 27 Juni 2022. (https://journal31.unesa.ac.id/index.php/PD/article/download/10423/4382).

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>