Proses Penerapan Inovasi Pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar`

Main Article Content

Dinda Mega Putri Oktavianti
Hanifah Nur Aini
Siti Fauziah

Abstract

Penelitian ini menggali proses penerapan inovasi pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Fokus utama penelitian adalah memahami bagaimana inovasi pendidikan mengalami proses difusi, mulai dari adopsi hingga implementasi, dalam kurikulum yang memberikan kebebasan dan fleksibilitas, yaitu Kurikulum Merdeka. Metodologi penelitian ini melibatkan studi kasus di beberapa sekolah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Temuan saat observasi ada berbagai faktor yang memengaruhi proses difusi inovasi, termasuk peran kepemimpinan sekolah, kesiapan guru, dukungan dari pihak-pihak terkait, dan adaptabilitas terhadap perubahan. Analisis data juga mengeksplorasi dampak difusi inovasi terhadap pembelajaran siswa dan dinamika lingkungan sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana inovasi pendidikan dapat berhasil diadopsi dan diimplementasikan dalam kurikulum yang memberikan kebebasan. Implikasi penelitian ini mencakup panduan praktis bagi sekolah dan guru dalam mengelola proses difusi inovasi, serta kontribusi teoretis terhadap pemahaman tentang penerapan inovasi pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka.

Article Details

How to Cite
Oktavianti, D. M. P. ., Aini, H. N., & Fauziah, S. (2024). Proses Penerapan Inovasi Pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar`. Karimah Tauhid, 3(1), 866–871. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11122
Section
Articles

References

Rachmad, F., Mansur, A., & Bakar, A. (2022). PROSES INOVASI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 516-522.

Murhayati, S., & Efendi, I. (2022). Model Inovasi Pengembangan Kurikulum Merdeka. At-Tajdid: Journal of Islamic Studies.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236-243.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17-26.

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the educational value of Indo-Harry Potter to design foreign language learning methods and techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341-361.

Maulana, S., Sya, M. F., Mawardini, A., & Yunianika, I. T. (2023). YouTube as a Media for Developing English Proficiency: Experiments on Elementary School Students in Indonesia. Jurnal Pendidikan, 24(2), 93-100.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236-243.

Kusman, M. (2020). Manajemen Inovasi Pendidikan di Sekolah Dasar. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(2), 156-168.