Kurikulum SD Selama Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Restu Yuwanda Aprilia
Rasmitadila

Abstract

Pada penelitian ini yang membahas tentang kurikulum sekolah dasar selama pandemi covid-19, akan membahas lebih jelas mengenai bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan dapat memberikan manfaat terutama bagi pendidik dan peserta didik supaya lebih mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 serta dampak yang terjadi dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak yang terjadi terhadap kurikulum sekolah dasar pada saat pandemi covid 19. Penelitian ini dilaksanakan di MI-BPPI CISAAT Cicurug Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini ada beberapa responden yang terlibat yaitu kepala sekolah, guru kelas 5, serta guru kelas 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum di masa pandemi covid 19 di MI-BPPI CISAAT mengalami beberapa hambatan yang terjadi. Proses kurikulum pada masa pandemi covid 19 ini memunculkan masalah baru sehingga pembelajaran pun dilakukan secara jarak jauh (daring). Pembelajaran jarak jauh dinilai belum efektif dan maksimal apabila diterapkan pada sekolah yang infrastrukturnya belum memadai. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi yang dilakukan peneliti, maka guru di MI BPPI Cisaat mengalami beberapa kesulitan dalam membuat penilaian, sehingga menindaklanjuti dengan membuat format penilaian sendiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring yaitu pembelajaran dengan tidak bertatap muka langsung. Artinya yaitu pembelajaran daring dapat dilakukan dengan tidak bertemu secara langsung, melainkan bertemu melalui sosial media. Pemanfaatan teknologi ini mulai diterapkan karena virus covid-19 terus mewabah keseluruh dunia hingga semua aktifitas menusia hampir di setiap negara yang terdampak, termasuk Indonesia menjadi terhambat. Untuk mengatasi agar virus covid-19 tidak terus menyebar, maka pemerintah memberhentikan sementara aktifitas yang semula dilakukan di luar rumah termasuk kegiatan sekolah, menjadi dilakukan dari rumah (karantina).

Article Details

How to Cite
Aprilia, R. Y., & Rasmitadila. (2022). Kurikulum SD Selama Masa Pandemi Covid-19. Karimah Tauhid, 1(2), 208–218. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.6338
Section
Articles

References

Putri, RDP., Suyadi. 2021. Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Safitri, AO., Handayani PA, Sakinah RN, Prihantini. 2022. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-

https://jbasic.org/index.php/basicedu

Safitri, AO., Putri, FS., Fauziyyah, H., & Prihantini. 2021. Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Penerapan Kurikulum 2013.

https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1631

Prasetyo, P., Mujahidin, E., Rasmitadila. Aprillia Kumala Yuani. 2021. Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. http://abdidas.org/index.php/abdidas

Muzayanah,U. Wibowo, AM. Muawanah S. 2020. Kurikulum Darurat di Tengah Pandemi Covid-19. https://simlitbangdiklat.kemenag.go.id

Rahmawati, AN. 2018. Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi Di SD. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Budiani S, Sudarmin, Syamwil, R. 2017. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/15998

Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033/1527

Marwanto, A. 2021. Pembelajaran Pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-

https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1128

Adevita, M. Widodo. 2021. Peran Orang Tua Pada Motivasi Belajar Anak Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/13539

Mirza Basyiruddin, Rukayah, & Roemintoyo. 2021. Implementasi Kurikulum Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. http://journal.unimma.ac.id/index.php/edukasi/article/view/5055

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>