Pengaruh Personal Branding Komeng Terhadap Keputusan Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024

Authors

  • Marshela Febriadha Universitas Djuanda
  • Koesworo Setiawan Universitas Djuanda
  • Ali Alamsyah Kusumadinata Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14833

Keywords:

Personal Banding, Pemilihan Umum, Keputusan Pemilih, Kreativitas

Abstract

Kemenangan suara fenomena Alfiansyah Komeng tidak lepas dari faktor personal branding yang unik dan lucu pada pemilu 2024. Penelitian ini bertujuan untuk memahami personal branding dan bagaimana pengaruh personal branding Komeng pada pemilu 2024. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan analisis regresi linear sederhana. Populasi pemilih pemula di Kecamatan Gunung Putri sebanyak 7.363 dalam pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan rumus slovin 10%. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data IBM SPSS Versi 25 untuk mendapatkan hasil yang akurat. Hasil penelitian menunjukkan personal branding Komeng pada pemilu 2024 sangat baik, mempengaruhi keputusan pemilih pemula dengan menunjukkan bagaimana pencitraan publik yang telah dibangun selama bertahun-tahun, dikombinasikan dengan strategi komunikasi yang cerdik dapat mempengaruhi keputusan pemilih.

References

Afgiansyah, A., & Buana, U. M. (2024). Satu Foto Bermakna Satu Juta Suara : Analisis Foto Komeng di Surat Suara Pemilu 2024. February. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14245.06888

Ambu, R. S., & Ayu, P. (2024). Menguak Strategi Pemenangan Komedian Sebagai Calon DPD di Jawa Barat. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(5), 152–158.

Anggarini, D. T. (2021). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Personal Branding dalam Membangun Citra dan Popularitas dalam Media Sosial. 03(04).

Bachtiar, F. R. (2014). PEMILU INDONESIA: KIBLAT NEGARA DEMOKRASI DARI BERBAGAI REFRESENTASI. Jurnal Politik Profetik, 3 Nomor 1.

Dwi, A., Hamidah, S., Oktavia, A. W., Puspitasari, A., Prastiwi, E., & Marselina, A. P. (2022). e-ISSN : 2808-4152 p-ISSN : 2808-666X. 2(1), 56–64.

F, I. (2019). Pemilu di Indonesia (Alfrida (ed.)).

Farisi, M., & Maulana, R. Y. (2020). Peran Relawan Demokrasi (Relasi) Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilu 2019 di Provinsi Jambi. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 363–378. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/506

Fauzi, U. I. (2021). Pengaruh Branding Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Syariah. Youth & Islamic Economic Journal, 2(1), 42–47. https://jurnalhamfara.ac.id/index.php/yie/article/view/74

Hidayat, A. (2020). Manfaat Pelaksanaan Pemilu untuk Kesejahteraan Masyarakat Benefits of Election Implementation for Community Welfare. Jurnal Ilmu Politik, 2(1), 67.

Lestari, D., & Agus Sofyandi Kahfi, dan S. R. H. (2014). MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF PADA MAHASISWA PEMILIH PEMULA. Jurnal Fasilkom, 1(1), 1–21.

Muh. Iqbal Latief. (2022). Kajian Evaluatif Kelembagaan Pemilu Di Indonesia. Jurnal Lemhannas RI, 10(1), 27–41. https://doi.org/10.55960/jlri.v10i1.269

Nurfadilah, A., & Khoirotunnisa, P. (2023). Personal Branding Anies Baswedan dalam Membangun Citra pada Pilpres 2024 di Instagram. Jurnal Politik Walisongo), 5(1), 2503–3204. https://doi.org/10.21580/jpw.v5i1.16743

Rahmat, B., & Esther, E. (2016). PERILAKU PEMILIH PEMULA DALAM PILKADA SERENTAK DI Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang TAHUN 2015. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 42(2), 25. https://doi.org/10.33701/jipwp.v42i2.148

Setiawan, K. (2022). Komunikasi Konteks Rendah sebagai Strategi Penguatan Citra Kelembagaan di Kementerian Sosial. Journal of Strategic Communication, Vol. 12, N.

Setiawan, K. (2023). Peran Humas Pemerintah di Tengah Badai Pandemi (Studi Deskriptif Kampanye Program Perlindungan Sosial) (R. Mawardi (ed.); cetakan pe). Jagat Mitra Kertiyasa.

Setyawati, H. A. (2021). Bagaimana membangun Personal Branding? Journal of Community Service and Empowerment, Vol. 2(No. 1), 86–90.

Susanto, A. (2024). Pengetahuan Dan Persepsi Politik Para Pemilih Pemula : Studi Kasus Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Batam. Jurnal Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, Volume 6,.

Tannaz, D., & Setyo Utami, L. S. (2019). Strategi Rebranding Citra pada Figur Publik (Studi pada Aktor Tio Pakusadewo). Prologia, 3(2), 498. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6397

Wasesa, S. A. (2018). personal branding code (1st ed.). PT Mizan Publika.

Widyastuti, D. A., Wiloso, P. G., & Herwandito, S. (2017). Analisis Personal Branding di Media Sosial (Studi Kasus Personal Branding Sha’an D’anthes di Instagram). Jurnalinovasi, 11(1), 1–16.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Febriadha, M., Setiawan, K. ., & Kusumadinata, A. A. (2024). Pengaruh Personal Branding Komeng Terhadap Keputusan Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024. Karimah Tauhid, 3(8), 8427–8439. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14833
Abstract viewed = 19 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6