Pengelolaan Tata Ruang Kantor dalam Peningkatan Kenyamanan Kerja Pegawai Tata Usaha di Mts Jamiyatul Falah
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14341Keywords:
Tata Ruang Kantor, Kenyamanan Kerja, Pegawai Tata UsahaAbstract
Tata ruang kantor merupakan penataan berbagai perabot dan peralatan kantor pada ruang yang tersedia untuk memberikan fasilitas bagi karyawan untuk bekerja dengan nyaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penataan ruang Kantor Tata Usaha (TU) Mts Jamiyatul Falah, mengetahui pemanfaatan tata ruang Kantor Tata Usaha (TU) dalam meningkatkan kenyamanan kerja pegawai TU di Mts Jamiyatul Falah, dan mengetahui Dampak pemanfaatan tata ruang Kantor Tata Usaha (TU) di MTS Jamiyatul Falah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di mts jamiyatul falah . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi kegiatan reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan yang digunakan yaitu berupa triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perencanaan tata ruang kantor TU mts Jamiyatul Falah menunjukkan peningkatan dalam penampakan lahiriyah, penempatan peralatan, dan jumlah personalia, tetapi masih perlu diperbarui untuk memastikan alur kerja yang lebih efisien bagi pegawai. Pemanfaatan Tata ruang TU Mts Jamiyatul Falah mengambil konsep landscape office dengan ruangan terbuka untuk pegawai dan ruangan tertutup untuk unit kerja yang memerlukan privasi. Dampak Pemanfaatan Tata ruang TU di Mts Jamiyatul Falah memperhatikan faktor-faktor lingkungan kerja penting bagi kenyamanan pegawai, dengan respons positif dari pegawai dan tamu.
References
Ari Kristianto, Thomas, dkk. 2016. Perancangan Interior Kantor Pusat PT Pelindo 3 (Persero) dengan Penerapan Konsep Seni Nusantara untuk Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas Kerja. Jurnal Desain Interior. 1(1): 61-68
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Haynes, Berry. 2008. The Impact of Office Layout on Productivity. Journal of Facilities Management. 6(3): 189-201
Imro`atus Sholihah Yusen, Sa`idatuddun`ya. 2014. Pengaruh Tata Ruang Kantor terhadap Kinerja Karyawan Bagian Tata Usaha di SMPN 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 2(2): 1-15
Marina, Aurantia. 2017. Analisis Layout Kantor pada PT. Gunung Selatan Lestari Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini. 8(3): 45-52
Nuraida, Ida. 2014. Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: PT KANISIUS
Safitri, E. 2013. Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Ilmiah Manajemen, Vol. 1. No. 4 tahun 2013. 1-11
Sukoco dan Badri Munir. 2007. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Jakarta: Erlangga
Suparjati. 2000. Tata Usaha dan Kearsipan. Yogyakarta: PENERBIT KANISISUS
Sutarno. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005
Zulkarnain, Wildan dan Raden Bambang Sumarsono. 2018. Manajemen dan Etika Perkantoran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hania Pricilia, Siti Aisah, Muhammad Rendi Ramdhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.