Peran Kurikulum Merdeka untuk Memajukan Kualitas Pembelajaran di Sekolah

Authors

  • Siti Nursafinah Universitas Djuanda
  • Siti Aisah Universitas Djuanda
  • Hania Pricilia Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14526

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Sekolah

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan pembelajaran yang berbasis proyek dan dipilih untuk mengembangkan potensi serta karakter peserta didik yang seimbang dengan Profil Pelajar Pancasila. Kebijakan ini berfokus pada hal-hal yang penting agar peserta didik mendapatkan waktu sepenuhnya mempelajari keterampilan dasar seperti literasi dan numerasi. Konsep ini sesuai dengan pembelajaran pada zaman sekarang, yakni pembelajaran tidak hanya berfokus dengan aspek kognitif namun juga pada aspek karakter, penguasaan literasi, keterampilan dan cakap teknologi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai peran kurikulum merdeka untuk memajukan kualitas pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang dipakai untuk penelitian ini merupakan kajian pustaka mencakup teori-teori sesuai terkait masalah yang diangkat dalam penelitian. Data yang dikumpulkan serta dianalisis berasal dari berbagai literatur serta bahan dokumentasi lain, seperti artikel jurnal dan media relevan lainnya. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Kurikulum Merdeka mempunyai peranan yang signifikan untuk memajukan kualitas pembelajaran di sekolah. Kurikulum Merdeka sebagai upaya dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) guna Memajukan mutu pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini dirancang agar memberikan fleksibilitas kepada pengajar ketika menyusun pembelajaran semakin bermakna dan sesuai kebutuhan serta karakteristik peserta didik.

References

Alwi, A. M., Arsyam, M., Syam, M. N., Wekke, I. S., Hasan, & Sulaiman, U. (2023). Konsep Implementasi Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak di Kabupaten Polewali Mandar. Al-Ubudiyah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.55623/au.v4i1.168

Handayani, E. P., & Rohman, A. (2020). Paradigma Bahagia Itu Mencerdaskan Ikhtiar Membangun Kemerdekaan Belajar Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. AoEJ: Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Nandalawi, & Achadi, M. W. (2023). Apakah Kurikulum Merdeka sebagai Pendukung

Pembelajaran Era Society 5.0? Analisis Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka di Jenjang MA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3779– 3795. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10658

Nisa, A. W., & Andaryani, E. T. (2023). Peran dan Manfaat Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Jenjang Sekolah Dasar. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 34-42.

Novianto, M. A., & Abidin, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Kedungkandang Malang. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 241-251.

Putri, N. M. F. E. (2023). Kualitas dan Inovasi Pendidikan di Indonesia. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Suharsono, A. , & M. G. (2018). Kurikulum Merdeka Sebagai Solusi Pengembangan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Suharti. (2024). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, Forum Tematik Bakohumas.

Yudhana, A. (2021). Merdeka Belajar: Revolusi Pendidikan Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Zulfikri Anas. (2023) Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berkualitas bagi Semua, Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB).

Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003-1009.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Nursafinah, S. ., Aisah, S. ., & Pricilia, H. . (2024). Peran Kurikulum Merdeka untuk Memajukan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Karimah Tauhid, 3(8), 9050–9059. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14526
Abstract viewed = 2 times