Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Amaliah Ciawi Bogor

Authors

  • Luqmanul Hakim Universitas Djuanda
  • Putri Yuliyaningsih Universitas Djuanda
  • Muhammad Rendi Ramdhani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14392

Keywords:

Kepala Sekolah, Profesionalisme, Strategi

Abstract

Guru merupakan pusat dari perbaikan dan peningkatan kualitas pendiidkan. Dengan demikian untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan guru yang professional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana stratego kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Amaliah Ciawi. Stategi ini mencakup faktor-faktor seperti strategi, peran, evaluasi, faktor pendukung, faktor penghambat, dan kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah. Penelitian ini dirancang dengan penelitian kuasi kualitatif dan menggunakan desain penelitian sederhana. Responden penelitian adalah guru dan kepala sekolah. Ada tig acara untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Studi ini meneliti strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Amaliah Ciawi. Hasilnya menunjukkan bahwa kepala sekolah memberikan pembinaan dan mendukung guru untuk mengikuti berbagai pelatihan, seminar, workshop, penataran, diklat, dan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG). Selain itu, kepala sekolah juga memastikan bahwa program pelatihan dalam rumah (IHT) berlaku.

References

Ariyani, R. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru. . Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban,, 5(1).

Bungin, B. (2021). Post-qualitative social research methods: Quantitative-qualitative-mix method. Prenadamedia Group.

Cropley, A. (2019). Qualitative research methods: A practice-oriented introduction for students of psychology and education. Riga, Latvia: Zinatne.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Djamarah, S. B. (2010). guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Pt Rineka Cipta.

Hidayat, A. &. (2012). Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Kaukaba.

Insaniyah, A. L. (2021). Strategi kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MTS Al-Amiriyya Blokagung Tegal Banyuwangi. ICO EDUSHA, 2(1), 201-218.

Iskandar, D. (2018). Implementasi kompetensi profesional guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. . Journal of Management Review, 2(3), 261–270.

Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMAN 1 Cikarang Utara dan MAN Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi Pendidikan,, 26(1), 72–87.

Karoso, S. &. (2017). . Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Program Pengembangan dan Peningkatan Seni Tradisional Jenjang SD, SMP, dan SMA di Provinsi Jawa Timur. . Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, , 2(2), 34–39.

Kristiawan, M. &. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, , 3(2), 373–390.

Librianty, N. (2018). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Muhamadiyah Kota Bangkinang. . Jurnal Basicedu, , 2(2), 1-4.

Maharani, S. I. (2023). Strategi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. . SKILLS: Jurnal Riset Dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, , 51-61.

Nasution, T. S. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMA Negeri 2 Kampung Rakyat, Labuhanbatu Selatan. Jurnal MALAY: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya,, Vol 2 No. 2.

Ramdhani, M. R. (2023). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Kejuruan (SMK) Islam Swasta pada Era 4.0. . Progressive of Cognitive and Ability,, 2(3), 180-191.

Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. . Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, , 2(1), 1–8.

Wahjosumidjo. (1999). Kepemimpinan kepala sekolah: tinjauan teoritik dan permasalahannya. . Rajagrafindo Persada (Rajawali Pers).

Wibowo, A. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. . Perspektif Pendidikan Dan Keguruan,, 13(1), 14-20.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Hakim, L., Yuliyaningsih, P. ., & Ramdhani, M. R. . (2024). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Amaliah Ciawi Bogor. Karimah Tauhid, 3(8), 8599–8609. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14392
Abstract viewed = 6 times