Analisis Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Pengembangan Profesionalisme Guru pada Lembaga Pendidikan Berbasis Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.15024Keywords:
Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme GuruAbstract
Rendahnya standar pendidikan di Indonesia, khususnya di lembaga pendidikan berbasis pesantren, serta pentingnya peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru. Tujuan dari adanya penelitian adalah mengetahui peran kepala sekolah dalam mengatasi hambatan dan memanfaatkan peluang untuk pengembangan profesionalisme guru di lembaga pendidikan berbasis pesantren. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, peran kepala sekolah di pesantren sangat penting dalam meningkatkan profesionalisme guru. Kepala sekolah melakukan ini dengan menjelaskan visi dan misi sekolah, memberikan pengembangan, komunikasi yang baik, dan mendorong partisipasi dalam kegiatan pengembangan. Pengawasan mencakup supervisi rutin, monitoring, evaluasi berkala, serta pengawasan administratif dan kedisiplinan. Profesionalisme guru ditingkatkan melalui pelatihan rutin, aturan kinerja yang jelas, peningkatan kualifikasi, dan komunikasi langsung. Namun masih terdapat tantangan termasuk mengelola komunikasi dengan guru yang berbeda latar belakang dan kepribadian, serta memastikan beban kerja seimbang.
References
Hanafi, H. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Deepublish.
Helmi, J. (2015). Kompetensi Profesionalisme Guru. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 7(2),
-336.
Hidayatullah, M. N., & Dahlan, M. Z. (2019). Menjadi Kepala Sekolah Ideal, Efektif dan Efisien. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Imah, C. (2019). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri
Se-Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 1(2), 65-77.
Kartono dan Kartini. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Kupas Tuntas Kompetensi Pedagogik Teori Dan
Praktik. Jakarta: Kata Pena.
Malik, A. (2017). Stigmatization Of Islamic School: Pesantrens, Radicalism And Terrorism In Bima. Ulumuna, 21(1), 173.
Pramudya, M. E., & Nurlaeli, A. (2022). Kontribusi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalitas Tenaga Pendidik Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darussalam Subang, Jawa Barat. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 185-194.
Priansa, D.J.,&Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala
Sekolah . Bandung: Alfabeta.
Sari, E., Sihaloho, R., Sutomo, S., & Arum, W. S. A. (2021). Meningkatkan Komitmen Guru Melalui Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 250-264.
Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter
Dan Etika Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54-71.
Sholeh, M. (2016). Keefektifan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja
guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41-54.
Soleh, M., Muin, A., & Zohriah, A. (2023). Dinamika Pemasaran Jasa Pendidikan di Pondok Pesantren. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5).
Souisa, H. F. (2018). Evaluasi Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Smp Negeri 9 Ambon (Doctoral Dissertation, Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Fkip-Uksw).
Widodo, Hendro & Etyk Nurhayati. (2020). M Anajemen Pendidikan Sekolah, Madrasah, Dan Pesantren . Bandung: Pt Remaja Rosrdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Hasan Basri, Irman Suherman, Muhammad Rendi Ramdhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.