Analisis Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Pengembangan Profesionalisme Guru pada Lembaga Pendidikan Berbasis Pesantren

Authors

  • Muhamad Hasan Basri Universitas Djuanda
  • Irman Suherman Universitas Djuanda
  • Muhammad Rendi Ramdhani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.15024

Keywords:

Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru

Abstract

Rendahnya standar pendidikan di Indonesia, khususnya di lembaga pendidikan berbasis pesantren, serta pentingnya peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru. Tujuan dari adanya penelitian adalah mengetahui peran kepala sekolah dalam mengatasi hambatan dan memanfaatkan peluang untuk pengembangan profesionalisme guru di lembaga pendidikan berbasis pesantren. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, peran kepala sekolah di pesantren sangat penting dalam meningkatkan profesionalisme guru. Kepala sekolah melakukan ini dengan menjelaskan visi dan misi sekolah, memberikan pengembangan, komunikasi yang baik, dan mendorong partisipasi dalam kegiatan pengembangan. Pengawasan mencakup supervisi rutin, monitoring, evaluasi berkala, serta pengawasan administratif dan kedisiplinan. Profesionalisme guru ditingkatkan melalui pelatihan rutin, aturan kinerja yang jelas, peningkatan kualifikasi, dan komunikasi langsung. Namun masih terdapat tantangan termasuk mengelola komunikasi dengan guru yang berbeda latar belakang dan kepribadian, serta memastikan beban kerja seimbang.

References

Hanafi, H. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Deepublish.

Helmi, J. (2015). Kompetensi Profesionalisme Guru. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 7(2),

-336.

Hidayatullah, M. N., & Dahlan, M. Z. (2019). Menjadi Kepala Sekolah Ideal, Efektif dan Efisien. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Imah, C. (2019). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri

Se-Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 1(2), 65-77.

Kartono dan Kartini. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Kupas Tuntas Kompetensi Pedagogik Teori Dan

Praktik. Jakarta: Kata Pena.

Malik, A. (2017). Stigmatization Of Islamic School: Pesantrens, Radicalism And Terrorism In Bima. Ulumuna, 21(1), 173.

Pramudya, M. E., & Nurlaeli, A. (2022). Kontribusi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalitas Tenaga Pendidik Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darussalam Subang, Jawa Barat. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 185-194.

Priansa, D.J.,&Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala

Sekolah . Bandung: Alfabeta.

Sari, E., Sihaloho, R., Sutomo, S., & Arum, W. S. A. (2021). Meningkatkan Komitmen Guru Melalui Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 250-264.

Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter

Dan Etika Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54-71.

Sholeh, M. (2016). Keefektifan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja

guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41-54.

Soleh, M., Muin, A., & Zohriah, A. (2023). Dinamika Pemasaran Jasa Pendidikan di Pondok Pesantren. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5).

Souisa, H. F. (2018). Evaluasi Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Smp Negeri 9 Ambon (Doctoral Dissertation, Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Fkip-Uksw).

Widodo, Hendro & Etyk Nurhayati. (2020). M Anajemen Pendidikan Sekolah, Madrasah, Dan Pesantren . Bandung: Pt Remaja Rosrdakarya

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Basri, M. H., Suherman, I., & Ramdhani, M. R. . (2024). Analisis Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Pengembangan Profesionalisme Guru pada Lembaga Pendidikan Berbasis Pesantren. Karimah Tauhid, 3(8), 9187–9208. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.15024
Abstract viewed = 4 times