Analisis Manajemen Kinerja Pegawai Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Narkotika Nasional

Authors

  • Siti Khoiriyah Sifa Universitas Djuanda
  • Irma Purnamasari Universitas Djuanda
  • Neng Virly Apriliyani Universitas Djuanda
  • R. Akhmad Munjin Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14338

Keywords:

Kinerja, Manajemen, Pegawai

Abstract

Manajemen kinerja adalah suatu konsep yang melibatkan serangkaian langkah dan proses untuk mengelola dan meningkatkan performa individu, dan organisasi secara keseluruhan. Manajemen kinerja pegawai dibentuk untuk meraih tujuan bersama, untuk mencapai tujuan tersebut secara efisien dan efektif, diperlukan manajemen yang baik dan tepat. Dalam penerapannya manajemen kinerja di PPSDM BNN Lido, Bogor adanya indikasi masalah yang terjadi diantaranya: Penempatan pegawai di bagian yang tidak sesuai dengan kompetensinya, Beberapa pegawai PPSDM dalam pekerjaannya tidak sesuai dengan tupoksi pekerjaannya, Kurangnya pemantauan dan evaluasi kinerja pegawai yang tidak dilakukan secara berkala yaitu selama per tiga bulan sekali, komunikasi yang tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kinerja pegawai di PPSDM BNN Lido, Bogor, serta mengidentifikasi hambatan dan upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawacara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan rumus weigt Mean Score. Sedangkan sampel diambil dengan teknik sensus/sampling jenuh dengan menggunakan seluruh populasi sebanyak 63 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Kinerja Pegawai di PPSDM BNN Lido, Bogor telah dilaksanakan dengan Baik, mendapatkan hasil akhir rata-rata skor nilai 3,84. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya manajemen kinerja pegawai di PPSDM BNN Lido, Bogor sudah sesuai dengan perintah dan peraturan yang ada.

References

Skripsi :

Arifin, H. M. (2018, November). Penerapan Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Pegawai Kantor Lurah Romang Polong. Hal 1-118.

Amalia, F. (2022). Analisis Manajemen Kinerja Karyawan Pada PT Mayora indah TBK. Cabang Polopo.

Desandra, S. P. (2023). Manajemen Kinerja Tenaga Kependidikan Dalam Melayani Peserta Didik Di SDN 18 Rejang Lebong.

Degei, Y. (2023). Analisis Manajemen Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Ciawi.

Hartiana, Y. (2022). Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat Di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat

Hasibuan, M. R. (2020). Peran Manajemen Dalam Peningkatan Kualitas Pegawai Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan.

Herlina, A. (2022). Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing).

Nupus, N. (2020). Manajemen Kinerja Pegawai Seksi Penyelenggara Haji Dan Umrah Kementerian Agama Kota Pekanbaru.

Putri, S. E. (2022). Implementasi Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung.

Rahman, W. (2019). Penerapan Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kompetensi Di CV Laska Seni.

Ubaidillah, M. (2019). Manajemen Kinerja Karyawan Dalam Mewujudkan Visi dan Misi Perusahaan Pada PT Madani Prabu Jaya Jakarta.

Jurnal :

Irma Purnamasari, R. A. (2019, April). Penataan Sumber Daya Manusia Aparatur Daerah Berbasis Kompetensi. Jurnal Governansi, 5(1), 70-78.

K.D Krisnawati, I. B. (2021). Pengaruh Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen, 7(1), 29-38.

Neng Virly Apriliyani, N. S. (2018, Septermber ). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bogor. Jurnal Administrasi Publik , 2(1), 67-75.

Uningsih, N. (2017, Agustus). Penerapan Manajemen Kinerja Di Instansi Pemerintah. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 19(2), 141-154.

Zia Hayu Pantaril, H. A. (2020, Desember). Kinerja Badan Narkotika Nasional Dalam Program Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Di Kota Cirebon. Jurnal Publika Unswagati Cirebon, 8(2), 93-103.

Buku :

Metik Asmike, P. O. (2022). Manajemen Kinerja "Meningkatkan Keunggulan Bersaing". (M. Asmike, Ed.)

Slamet, R. (2023). Manajemen Kinerja. Jakarta: Sekolah Tinggi Manajemen.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alpabet.

Tundang Subali Patma, M. M. (2021). Pengantar Manajemen. Polinema press.

Peraturan Perundang-Undangan :

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Repubik Indonesia. No 6 Tahun 2022 Tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara

Peraturan Badan Narkotika Nasional Repubik Indonesia. No 5 Tahun 2020 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Narkotika Nasional

Website :

https://www.researchgate.net/publication/359466872_Konsep_Dasar_Manajemen_Kinerja

https://id.scribd.com/document/659074339/MODEL-MANAJEMEN-KINERJA

https://www.gramedia.com/best-seller/manajemen

https://ppsdm.bnn.go.id/ppsdm-alamat-jl-mayjen-hr-edi-sukma-km-21-lidocigombong-bogor-jawa-barat-16110

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Sifa, S. K., Purnamasari, I., Apriliyani , N. V. ., & Munjin, R. A. (2024). Analisis Manajemen Kinerja Pegawai Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Narkotika Nasional . Karimah Tauhid, 3(7), 8121–8134. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14338
Abstract viewed = 1 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>