Efektivitas Kebijakan One Way dalam Mengatasi Kemacetan Puncak Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14309Keywords:
Efektivitas, Kebijakan, One Way, KemacetanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan One Way yang diterapkan di jalur Puncak Bogor sebagai upaya mengatasi kemacetan yang sering terjadi, terutama pada hari libur nasional dan akhir pekan. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan One Way telah berjalan efektif dan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, terbukti dari respon positif masyarakat yang mampu menerima dan menyesuaikan diri dengan kebijakan ini. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala seperti kurangnya sosialisasi yang memadai dan ketidakjelasan regulasi yang masih perlu diperbaiki. Masyarakat juga menyarankan agar ada undang-undang yang lebih kuat untuk mendukung kebijakan ini, serta pelebaran ruas jalan di daerah Puncak sebagai alternatif jika kebijakan One Way tidak selalu efektif. Selain itu, diperlukan fasilitas pendukung seperti billboard untuk memudahkan pengguna jalan mengetahui jadwal pemberlakuan kebijakan. Pihak kepolisian lalu lintas juga diharapkan melakukan evaluasi berkala untuk memperbaiki pelaksanaan kebijakan ini. Secara keseluruhan, kebijakan One Way di jalur Puncak telah memberikan dampak positif, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan dalam implementasinya.
References
Amalia, N. S., Afriyandi, R., Baidha, N., Nurjanah, S., & Apriliani, A. (2024). Evaluasi Kebijakan One Way dalam Menangani Kemacetan di Puncak Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 2364-2373.
Handoyo, E., Ilmu, F., Universitas, S., Semarang, N., Handoyo, E., & Karya, W. (n.d.). Buku_Kebijakan_Publikcetak.
Wa’ Bone, G., Rumayar, A. L. E., & Pandey, S. V. (2023). Analisis Pemanfaatan Manajemen Lalu Lintas Sistem Dua Arah Dan Satu Arah Terhadap Efektifitas Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Bethesda, Kec. Sario, Kota Manado). Tekno, 21(83), 147–156. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/tekno/article/view/4668
Rodji, A. P., Sihombing, S. M., & Zannathahaq, F. (2023). Analisis Penerapan Sistem Satu Arah Terhadap Kemacetan Lalu Lintas Simpang Gadog, Bogor. Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS), 1(4).
Wibowo. (1997). Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Pengurus dengan Kinerja IPNU dan IPPNU PAC Bawang Kabupaten Batang Periode 2013-2015. Jurnal NU, 04, 15–63.
Yaw, A. La. (2008). Konsep Dasar Kebijakan Publik. Atmospheric Environment, 42(13), 2934–2947.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M.Renaldi, Venni Alfrianni, Melia Dewi Nur Setiyani, Faisal Tri Ramdani, Denny Hermawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.