Pengaruh Teknik Experience, Generalization, Reinforcement, Application (Egra) Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Sukajaya 01

Main Article Content

Siti Nurul Aini
Megan Asri Humaira
Hanrezi Dhania Hasnin

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh teknik Experience, Generalization, Reinforcement, Application (EGRA) terhadap peningkatan keterampilan menyimak siswa kelas IV SDN Sukajaya 01. Perolehan data yaitu menggunakan tes essay yang diperoleh dari pretest dan posttest. Hasil data dalam penelitian terlihat pada uji Independent Sampel T-test yang menunjukkan nilai Sig. 2-tailed 0,000 < 0,05 yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, diperkuat dari hasil rata-rata pretest dan posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol, dimana keompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dari hasil pretest sebesar 50.40 ke hasil posttest sebesar 82,98, sedangkan kelompok kontrol juga mengalami meningkatan namun tidak sebesa kelas eksperimen dari hasi hasil pretest sebesar 42.98 ke hasil posttest sebesar 61.65. kesimpulannya  terdapat perngaruh teknik Experience, Generalization, Reinforcement, Application (EGRA) terhadap peningkatan keterampilan menyimak pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Sukajaya 01.

Article Details

How to Cite
Aini, S. N., Humaira, M. A., & Hasnin, H. D. . (2024). Pengaruh Teknik Experience, Generalization, Reinforcement, Application (Egra) Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Sukajaya 01. Karimah Tauhid, 3(6), 6855–6867. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13869
Section
Articles

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar (Vol. 3, Issue 1).

Annisa Nidaur Rohmah. (2017). Belajar Dan Pembelajaran(Pendidikan Dasar). 9.

Ary Sasmitha. (2018). Teaching Simple Present Tense By Using Egra Technique To The Second Year Students Of Sman 2 Palopo.

Depdiknas. (2003). Presiden Republik Indonesia.

Dina Aulia Yudistira Munthe, Trisna Pratiwi Hasibuan, Dinda Patliana Sukma, Syahrani Yumna Irfani, & Yuli Deliyanti. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405

Gunadi, G., Prasetyo, T., Kurniasari, D., & Muhdiyati, I. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Experiential Learning Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 11–24. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.337

Jannah, M., & Darwis, U. (2022). EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus.

Rahmawati, S., & Rohim, D. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 198–203. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p198-203

Sugiono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (28th ed.). Alfabeta,cv.

Tomlinson. (2007). Form-focused Instruction and Teacher Education Studies in Honour of Rod Ellis.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>