ANALISIS PERSEPSI PETERNAK AYAM BROILER TERHADAP KEMITRAAN DAN FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Main Article Content

Ori Ermananda
Ita Novita
Siti Masithoh

Abstract

Peternakan merupakan salah satu subsektor pertanian yang berperan mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Subsektor peternakan berkontribusi dalam menyediakan kebutuhan daging nasional dan meningkatkan status gizi masyarakat juga banyak menyerap tenaga kerja secara signitifikan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keragaan kemitraan, persepsi peternak dan faktor – faktor yang mempengaruhi persepsi peternak.  Metode pengumpulan data meliputi data primer (observasi lapangan dan wawancara dengan kuesioner) dan data sekunder (studi literatur). Hasil penelitian menunjukkan 1) Peternak mandiri memberikan persepsi dengan cukup terhadap kemitraan dengan nilai rataan skor 61,5. Peternak Mitra memberikan persepsi cukup terhadap kemitraan dengan nilai rataan skor sebesar 69,48, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi peternak ayam broiler terhadap kemitraan di kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor yaitu faktor jumlah ternak dengan nilai nilai signifikansi sebesar 0,015, karena nilai signifikansi < 0,2 (0,015 < 0.2) dan pengalaman ternak dengan nilai signifikansi sebesar 0,114, karena nilai signifikansi < 0,2 (0,114 < 0,2).

Kata Kunci: Persepsi, Kemitraan. Ayam Broiler

Article Details

How to Cite
Ermananda, O., Novita, I., & Masithoh, S. (2019). ANALISIS PERSEPSI PETERNAK AYAM BROILER TERHADAP KEMITRAAN DAN FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. JURNAL AGRIBISAINS, 5(1), 48–58. https://doi.org/10.30997/jagi.v5i1.2324
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik. 2017. Peternakan Dalam Angka. Diakses tanggal 5 Agustus 2018. www.bps.go.id
Pramita, D.A, Kusnadi Nunung, Harianto. 2017. Efisiensi Teknik Usaha Ternak Ayam Broiler Pola Kemitraan di Kabupaten Limapuluh Kota. [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.
Purbata, A.G, Cepriadi, Kausar. 2015. Motivasi Peternak Plasma Ayam Broiler Dalam Bermitra di Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Jurnal Online Mahasiswa Vol 2 No. 2.
Rohim, S. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Daging Ayam Broiler di Pasar Tradisional Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>