ANALISIS KINERJA GAPOKTAN BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA DAN KARYAWAN

Main Article Content

Rio Jantinus Sihotang
Apendi Arsyad
Siti masithoh

Abstract

Gapoktan menjadi salah satu andalan bagi pemerintah dalam hal mendekati petani secara langsung. Penelitian ini dilakukan di Gapoktan Rukun Tani dengan tujuan penelitian ini untuk melihat keragaan dan kondisi lingkungan, mengetahui kinerja gapoktan berdasarkan tingkat kepuasan karyawan dan anggota serta merekomendasikan langkah strategis bagi gapoktan untuk peningkatan kinerja di masa mendatang. Metode penelitian ini dengan purvosive sampling untuk lokasi dan responden penelitian. Metode pengumpulan data meliputi data primer (observasi lapangan dan wawancara dengan kuisioner) dan data sekunder (studi literatur). Dianalisi secara deskriptif pada keragaan dan kondisi lingkungan gapoktan. Dilakukan analisi kinerja berdasarkan tingkat kepuasan karyawan dan anggota dengan menggunakan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) dan Service Quality yang kemudian  diolah dengan menggunakan Microsoft excel 2010 dan Software SPSS 22. Rekomendasi strategi dengan secara deskriptif berdasarkan kepuasan karyawan dan anggota terhadap Gapoktan, direkomendasikan berdasarkan penelitian ini. Hasil yang diperoleh keragaan Gapoktan Rukun Tani telah memiliki struktur organisasi dan perangkat organisasi dan adanya kegiatan yang menunjang perkembangannya. Kinerja Gapoktan berdasarkan karyawan dan anggota menunjukkan pada posisi puas pada nilai CSI 0,75 dan 0,70. Namun masih ada hal yang perlu diperhatikan oleh Gapoktan. Melihat hasil IPA menunjukkan dari karyawan dan anggota masih perlu adanya perbaikan dan hasil service Quality masih pada posisi negatif. Serta perlu adanya langkah strategis yang dilakukan dalam hal meningkatkan loyalitas anggota dan karyawan baik dalam pelengkapan fasillitas pada karyawan dan sosialisasi pada anggota Gapoktan.

Kata Kunci : Kinerja, Kepuasan, CSI, IPA, Service Quality

Article Details

How to Cite
Sihotang, R. J., Arsyad, A., & masithoh, S. (2019). ANALISIS KINERJA GAPOKTAN BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA DAN KARYAWAN. JURNAL AGRIBISAINS, 5(1), 13–28. https://doi.org/10.30997/jagi.v5i1.2167
Section
Articles

References

Pohandry, Arie. 2013. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis Serta Service Quality. Jurnal REKAVASI. Vol : 1 , No1, halaman 21-29.
Badan Pusat Statistik. 2016. Keadaan Ketenaga Kerjaan Agustus 2016. www.bps.go.id. Diakses pada 15 Februari 2018.
Badan Litbang Pertanian, Kementrian Pertanian Republik Indonesia. 2016. Peraturan Mentri Pertanian Republik Indonesia Nomor 67/Permentan/SM.050/ 12/ 2016.. http:// www.litbang.pertanian.go.id. Diakses pada 1 Juli 2018.
Dian Kencana Ayudhia. 2008. Analisis Hubungan Sistem Penilaian Kinerja Dengan Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kausus Karyawan PT. X Tbk. Bogor). [Skripsi]. Bogor : Fakultas Ekonomi dan Manajeman Institut Pertanian Bogor.
Emzir. 2016. Metodelogi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta : Rajawali Press.
Manyamsari, Ira. 2014. Karakteristik Petani dan Hubungannya Dengan Kompetensi Petani Lahan Sempit. Agrisep vol (15) No 2 :58-74
Pratama, Leonardi. 2016. Analisis Kepuasan dan Strategi Pengembangan Koperasi (Studi Kasus Koperasi Kredit Sehati Jakarta). [Tesis]. Bogor : Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.
Septian D. 2010. Peran Kelembagaan Kelompok Tani Terhadap Produksi dan Pendapatan Petani Ganyong di Desa Sindanglaya Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis Jawa Barat [Skripsi]. Bogor : Institut Pertanian Bogor.
Simamora B. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Cetakan 12. Bandung : Penerbit Alfabet
Syahyuti. 2007. Penerapan Pendekatan Pemberdayaan dalam Kegiatan Pembangunan Pertanain: Perbandingan Kegatan P4K, PIDRA, P5MI dan Prima Tani. Forum Penelitian Agro Ekonomi. Vol. 25. No.2:104-166
Umar, Husain. 2002. Strategic Manageman In Action, Cetakan Kedua. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>