ANALISIS POLA REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN DI BRI SYARIAH (Studi di BRI Syariah Kantor Pusat Jakarta)

Main Article Content

Nur Rohmatin
Andri Brawijaya

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pola rekrutmen dan seleksi karyawan di BRI Syariah dan bagaimana praktek-praktek yang diterapkan di BRI Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah bank BRI Syariah Kantor Pusat. Sampel dalam penelitian ini adalah Karyawan divisi Grup Head and policy. Hasil penelitian menyatakan bahwa BRI Syariah menggunakan dua sumber rekrutmen yaitu internal dan eksternal. Untuk seleksi karyawan di BRI Syariah di antaranya yaitu seleksi administrasi lamaran, wawancara, tes psikotes, medical check up, penandatanganan kontrak, kemudian ada beberapa kelemahan-kelemahan dari rekrutmen dan seleksi tersebut.

Article Details

How to Cite
Rohmatin, N., & Brawijaya, A. (2016). ANALISIS POLA REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN DI BRI SYARIAH (Studi di BRI Syariah Kantor Pusat Jakarta). NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 2(1), 145–159. https://doi.org/10.30997/jn.v2i1.249
Section
Articles

References

Abdullah, Ma’ruf. 2013. Menejemen Berbasis Syariah, Yogyakarta: CV.Aswaja Pressindo.
Arikunto, Suharsimi. 2002 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada
Media.
Catur p, Ahmad Ridho.2010. Analisis Kebijakan Menejemen SDM. Studi Modal Kebijakan, Rekrutmen, Seleksi Dan Penempatan, Serta Kompensasi Karyawan Pada PT.BNI Life Insurance/skripsi, jakarta. Program Studi Muamalat (Ekonomi Islam) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah.
Denzin, Norman K., and Lincoln, Yvonna S. 1994. Handbook of qualitative research (terjemahan). Yogyakara: Pustaka Pelajar.
Fahmi, Abu dkk. 2014. HRD Syariah Teori dan Implementasi Menejemen Sumber Daya Manusia Berbasis Syariah, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hanggraini, Dewi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Mardianto, Adi.2012. Recruitment Analysis. Jakarta: PT.Pinasthika Publisher.
Moleong, Lexy. 2002 Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nuryanta, Nanang. 2008. Pengelolaan Sumber Daya Manusia (Tinjauan Aspek Rekrutmen Dan Seleksi)/jurnal. Vol 1. No1
Pahlevi, Rizal. 2013. Analisa Efektifitas Proses Rekrutmen Dan Seleksi Dalam Memenuhi Kebutuhan Sumber Daya Manusia(studi pada PT.Teknologi riset Global Investama)/ Jurnal. Jakarta. Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi Dan Informatika, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Telkom.
Rahmatika. 2014. Penerapan MSDM Berbasis Nilai-Nilai Islami Pada Bank BNI Syariah Semarang/Skripsi. Semarang. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang.
Rivai, Veithzal.2009.Islamic Human Capital Dari Teori Ke Pzraktik Manajemen Sumber Daya Insani, Jakarta:PT Grafindo Persada.
Salam, Abdus. 2014. Menejemen Insani dalam Bisnis, Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.
Sedarmayanti. 2012. Metodologi Penelitian, Bandung: CV.Mandar Maju.
Septiana, Elza.2009. Penerapan Sistem Rekrutmen SDM Terhadap Kinerja Karyawan pada PT.BNI Syariah Cabang Padang/skripsi. diakses pada 19 februari 2009.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta
Yulianti, Elly. 2009. Analisis Proses Rekrutmen Dan Seleksi Pada KinerjaPegawai/ Jurnal/DiaksesPada Sep-Des.
Zahra, Henni Fahmatus, 2009. Analisis Perencanaan Rekrutmen Tenaga Kerja Dalam Persepektif Islam (Studi Pada Koprasi Agroniaga Unit Jabang Malang)/Skripsi. Malang. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.